digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri kosmetik adalah salah satu industri yang berkembang dengan melesat di Indonesia, dengan kenaikan konstan double digit di bebeerapa tahun taerakhir. Perkembangan industri kosmetik di Indonesia selalu bertambah setap tahunnya. Di periode tahun 2010 – 2015, nikai rata – rata perkembangan kosmetik industri di Indonesia mencapai 9.67% setiap tahunnya. Studi pendahuluan menunjukan bahwa pelanggan Indonesia di bidang kosmetik, memilih lipstik sebagai produk kosmetik yang paling diinginkan. Dalam beberaoa tahun ini, lipstick lokal Indonesia sedang naik daun. Banyak sekali merek lipstick lokal di pasaran. Tetapi, semakin banyak merek baru, menyebabkan semakin tinggi persaingan antara merek lipstik lokal di pasar. Maka dari itu, perusahaan lipstick lokal harus terus mengembangkan bisnis dan product mereka, demi menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang ada. Tujuan dari studi ini untuk menemukan faktor yang penting ketika pelanggan memilih lipstik lokal, dan juga untuk menganalisis faktor-faktor gabungan yang terpilih oleh pelanggan Indonesia yang dapat dijadikan rekomendasi untuk perkembangan lipstick lokal selanjutnya. Studi ini menggunakan metode kualitatif focus group discussion dan metode kuantitatif menggunakan metode online survey, dengan responden 249 wanita berumur 18 – 25 yang tinggal di Jakarta dan Bandung. Data di analisis menggunakan conjoint analysis (SPSS 22) dan analisis deskripsi. Hasil studi ini memperlihatkan bahwa faktor gabungan yang sangat dipilih oleh pelanggan adalah merek Rollover reaction, waarna lipstik natural, dengan tekstur matte, menggunakan strategi promosi review dari beauty blogger/vlogger, dan dengan harga 50000 rupiah. Faktor yang paling penting menurut pelanggan di studi ini adalah