Industri kosmetik adalah salah satu industri yang berkembang dengan melesat di Indonesia,
dengan kenaikan konstan double digit di bebeerapa tahun taerakhir. Perkembangan industri
kosmetik di Indonesia selalu bertambah setap tahunnya. Di periode tahun 2010 – 2015, nikai
rata – rata perkembangan kosmetik industri di Indonesia mencapai 9.67% setiap tahunnya.
Studi pendahuluan menunjukan bahwa pelanggan Indonesia di bidang kosmetik, memilih
lipstik sebagai produk kosmetik yang paling diinginkan. Dalam beberaoa tahun ini, lipstick
lokal Indonesia sedang naik daun. Banyak sekali merek lipstick lokal di pasaran. Tetapi,
semakin banyak merek baru, menyebabkan semakin tinggi persaingan antara merek lipstik
lokal di pasar. Maka dari itu, perusahaan lipstick lokal harus terus mengembangkan bisnis
dan product mereka, demi menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang
ada.
Tujuan dari studi ini untuk menemukan faktor yang penting ketika pelanggan memilih lipstik
lokal, dan juga untuk menganalisis faktor-faktor gabungan yang terpilih oleh pelanggan
Indonesia yang dapat dijadikan rekomendasi untuk perkembangan lipstick lokal selanjutnya.
Studi ini menggunakan metode kualitatif focus group discussion dan metode kuantitatif
menggunakan metode online survey, dengan responden 249 wanita berumur 18 – 25 yang
tinggal di Jakarta dan Bandung. Data di analisis menggunakan conjoint analysis (SPSS 22)
dan analisis deskripsi.
Hasil studi ini memperlihatkan bahwa faktor gabungan yang sangat dipilih oleh pelanggan
adalah merek Rollover reaction, waarna lipstik natural, dengan tekstur matte, menggunakan
strategi promosi review dari beauty blogger/vlogger, dan dengan harga 50000 rupiah. Faktor
yang paling penting menurut pelanggan di studi ini adalah