digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dalam tiga tahun terakhir, ada sebuah inovasi yang menuntun pada transformasi dalam bidang transportasi dan teknologi yang dikenal sebagai layanan transportasi online. Inovasi ini mampu mengintegrasikan transportasi dan teknologi secara bersamaan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tidak mengherankan bahwa pada tahun 2017, sekitar 15 (lima belas) juta konsumen yang terhubung di Indonesia menggunakan layanan ini setiap minggu. Sebagai fenomena yang terus meningkat, penting untuk mengetahui factor - faktor yang diyakini secara signifikan mempengaruhi preferensi merek dalam layanan transportasi online. Melihat asal yang berbeda antara Go-Jek sebagai perusahaan berbasis lokal (Indonesia) dan Grab perusahaan yang berbasis asing (Singapura) dan ekuitas merek yang terkait dengan penilaian dan pemilihan merek, dua faktor yang diyakini memberikan pengaruh signifikan dalam preferensi layanan ini adalah konsumen etnosentrisme dan keseluruhan ekuitas merek. Untuk menguji 2 variable tersebut, penelitian ini akan menggunakan CETSCALE dari Shimp dan Sharma (1987) dan Keseluruhan Ekuitas Merek (OBE) dari Yoo dan Donthu (2001). Studi ini dilakukan pada Generasi Y melihat keberadaan mereka sebagai pengguna utama internet dan juga layanan transportasi online. Kuesioner akan dibagikan kepada 400 responden dan diukur dengan menggunakan pendekatan statistik dan kuantitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa perusahaan yang memiliki OBE yang lebih tinggi lebih dipilih oleh generasi millennial. OBE terbukti mempengaruhi preferensi merek baik dalam transportasi online lokal dan asing secara positif dan signifikan. Etnosentrisme konsumen tidak ditemukan signifikan mempengaruhi preferensi transportasi lokal tetapi berpengaruh signifikan dan negatif pada preferensi transportasi asing. Generasi millennial dengan kecenderungan etnosentrisme konsumen yang tinggi diketahui lebih memilih layanan transportasi online berbasis lokal dibandingkan asing. Implikasi studi dan rekomendasi akan diberikan untuk studi kedepannya dan juga untuk penyedia layanan transportasi online.