digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER EDWARD WAWOLUMAYA
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 EDWARD WAWOLUMAYA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 EDWARD WAWOLUMAYA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 EDWARD WAWOLUMAYA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 EDWARD WAWOLUMAYA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 EDWARD WAWOLUMAYA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 EDWARD WAWOLUMAYA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA EDWARD WAWOLUMAYA
PUBLIC Alice Diniarti

Motor bakar torak sudah digunakan selama lebih dari satu abad dan sampai saat ini masih mendominasi kebutuhan komersial. Topik perancangan sistem katup dipilih karena katup adalah salah satu komponen penting dalam motor bakar torak. Penyempurnaan desain katup dapat meningkatkan efisiensi motor bakar torak. Katup digerakkan oleh mekanisme yang umumnya diberi nama poros kam. Desain mekanisme katup dengan sistem yang tidak menggunakan poros kam merupakan alternatif untuk mendapatkan efisiensi yang lebih tinggi. Pembuatan desain mekanisme katup dilakukan dengan cara mempelajari desain katup yang sudah ada, membuat desain katup baru secara manual maupun menggunakan komputer. Desain di komputer dibuat dengan menggunakan program Solidworks®. Desain yang dihasilkan adalah desain berupa gambar tiga dimensi komponen yang dirancang, perakitan komponen, dan gambar teknik yang lengkap dengan ukuran dimensinya. Kemudian, dilakukan analisis komponen, analisis pelumasan, dan pembuatan model sebatas mekanisme kerja. Model dibuat dengan menggunakan bahan yang tembus pandang agar mudah dilihat cara kerjanya. Hasilnya adalah mekanisme bukaan katup yang lebih simpel dan memungkinkan untuk memiliki kerugian mekanik dan gesekan yang kecil. Perancangan mekanisme katup sistem mekanik ini memungkinkan untuk dikembangkan dan diteliti lebih lanjut. Pengembangan dilakukan untuk meningkatkan efisiensi, memudahkan perawatan, dan menurunkan biaya produksi.