digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Indonesia termasuk dalam lima besar negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang merupakan pengekspor busana muslim terbesar di dunia. Prestasi itu setelah Bangladesh, Turki, Maroko dan Pakistan. Ekonomi Islam Global memprediksi pertumbuhan pasar mode Muslim dunia pada tahun 2020 akan mencapai 327 miliar dolar AS. Up2dateplus adalah merek yang didirikan oleh salah satu pelopor pakaian muslim di Indonesia, yaitu Irna Mutiara yang berkolaborasi dengan putrinya, Reyna Hanifa. Merek ini terinspirasi oleh hubungan antara ibu dan anak perempuan yang biasanya memiliki selera yang sama dan memiliki ukuran yang tidak jauh berbeda kemudian menjadi gaya kasual. Dengan warna-warna berani dan cerah serta koleksi yang mudah dipadupadankan. Up2date Plus memproduksi berbagai pakaian, tunik, celana, rok, dan jilbab. Penjualan Up2date Plus dari September 2019 - Juni 2019 mengalami tren menurun. Berdasarkan interview dengan pemilik, saluran komunikasi pemasaran Up2date Plus dilakukan melalui Youtube, situs web dan Instagram sebagai platform online tetapi tidak efektif untuk menarik pelanggan. Up2date Plus ingin memenuhi kebutuhan pelanggan saat ini sesuai dengan komunikasi pemasaran yang dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh promosi mix yang digunakan oleh Up2date Plus pada niat pembelian konsumen dan untuk menemukan strategi promosi yang sesuai untuk Up2date Plus. Penelitian ini menggunakan analisis eksternal untuk memahami lingkungan yang mempengaruhi bisnis dengan menggunakan Analisis PESTEL, Porter 5 forces, Analisis Konsumen dan Analisis Pesaing. Dan juga, analisis internal untuk menentukan kekuatan dan kelemahan bisnis dengan menggunakan Analisa STP dan Marketing mix. Dan kemudian merumuskan SWOT, yang akan memimpin penelitian untuk mengetahui akar penyebabnya. Survei dibagi menjadi lima bagian seperti demografi, proses keputusan pembeli, pengetahuan konsumen tentang Up2date Plus, promosi mix, dan niat beli. Survei kuantitatif dilakukan dengan mendistribusikan secara online dengan 202 responden dan menggunakan analisis Deskriptif dan Regresi untuk mendapatkan hasilnya. Berdasarkan hasil survei lalu analisis TOWS, menunjukkan bahwa ada tiga variabel promosi yang dapat mempengaruhi niat beli konsumen seperti iklan Website, promosi Penjualan, dan penjualan individu. Oleh karena itu, solusi bisnis yang diusulkan yang dapat diterapkan untuk Up2date Plus adalah meningkatkan Pengetahuan Tenaga Penjual dalam pendekatan penjualan offline, Menyediakan strategi promosi yang menarik menggunakan pemasaran digital dan media sosial, dan memaksimalkan promosi penjualan.