digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Windy Romana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Windy Romana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Windy Romana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Windy Romana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Windy Romana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Windy Romana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

DAFTAR Windy Romana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Take-off dan landing merupakan fasa – fasa yang krusial untuk pesawat terbang, oleh sebab itu analisis High Lift Devices perlu untuk dilakukan karena menyangkut fasafasa terbang tersebut. Analisis yang dilakukan adalah perhitungan maupun simulasi untuk mendapatkan gaya angkat maksimum dengan geometri slat dan flap yang optimum pada fasa take-off dan landing. Selain itu pengkajian perilaku aliran pada High Lift Device juga merupakan bagian dari analisis yang dilakukan. Penampang sayap Airbus A380 akan dimodelkan menggunakan CATIA, dan kemudian dilakukan proses meshing dengan program ICEM CFD. Pendekatan secara numerik untuk mengkaji perilaku aliran di sekitar penampang pesawat Airbus A380 akan dilakukan menggunakan program FLUENT. Berdasarkan hasil kajian tersebut didapatkan bahwa geometri slat dan flap gap serta overlap memberikan pengaruh terhadap gaya angkat yang dapat dihasilkan.