digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Ervina Sukmadinata
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Ervina Sukmadinata
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 2 Ervina Sukmadinata
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 3 Ervina Sukmadinata
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 4 Ervina Sukmadinata
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 5 Ervina Sukmadinata
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 6 Ervina Sukmadinata
PUBLIC Alice Diniarti

PUSTAKA Ervina Sukmadinata
PUBLIC Alice Diniarti

Kota Pekalongan merupakan kota yang dikenal dengan slogan kota batik. Sebagian besar masyarakat yang ada di Kota Pekalongan memiliki mata pencaharian sebagai pengrajin dan pengusaha batik. Saat ini persaingan produk batik di Kota Pekalongan semakin meningkat. Produksi batik tidak hanya berasal dari Kota Pekalongan saja melainkan berkembang di kota-kota besar lainnya. Kemunculan persaingan batik yang semakin besar mengakibatkan pengusaha batik harus semakin inovatif dalam memunculkan kreasi dan ide-ide baru untuk mempertahankan produksi batik pekalongan. Saat ini pelaku usaha batik telah melakukan beragam inovasi antara lain inovasi produk, proses dan pemasaran batik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana dampak inovasi yang telah dilakukan oleh pelaku usaha batik dalam meningkatkan perekonomian masyarakat lokal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode statistik deskriptif dan metode regresi berganda untuk menjelaskan fenomena karakteristik individu, tipe inovasi yang dilakukan oleh pengusaha batik, aktifitas perekonomian batik yang dilihat berdasarkan pertumbuhan pendapatan usaha, tenaga kerja dan skala geografis penjualan produk. Analisis regresi dilakukan untuk mengetahui dampak inovasi yang telah dilakukan terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Hasil temuan penelitian diperoleh bahwa inovasi yang memiliki dampak paling besar terhadap perekonomian adalah inovasi proses. Hasil tersebut diharapkan dapat menjadi masukan untuk pelaku usaha industri batik, pemerintah Kota Pekalongan dan lembaga penelitian terkait dalam mengembangkan inovasi proses yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal di Kota Pekalongan sehingga batik di pekalongan dapat terus bersaing dengan produk-produk batik lainnya dan budaya batik pekalongan dapat terus dilestarikan.