digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Saat ini, storytelling adalah masa depan untuk branding dalam pemasaran. Storytelling digunakan sebagai alat utama dalam crowdfunding untuk menceritakan kisah tersebut guna menjelaskan kampanye. Crowdfunding di bidang digital adalah platform untuk membuat kampanye dan pembiayaan lainnya bersama untuk memenuhi tujuan. Platform crowdfunding adalah perantara antara penyandang dana dan pembuat kampanye yang menggunakan media sosial untuk melibatkan penyandang dana. Sebagian besar, platform crowdfunding menggunakan Facebook sebagai media sosial mereka karena mudah menjadi viral. Kitabisa, crowdfunding terkemuka di Indonesia, menggunakan Facebook untuk menghubungkan penyandang dana dan pemilik kampanye serta membantu penyandang dana untuk melihat cerita dari kampanye. Facebook menunjukan keterlibatan dari pengguna dengan jumlah likes, comments, dan shares sebelum pengguna melakukan tindakan lebih lanjut untuk membeli. Di wilayah crowdfunding, pembelian pengguna ditunjukan dengan pencapaian donasi.Untuk mendapatkan atensi dari orang-orang, konten crowdfunding harus kreatif dan persuasif. Konten yang terdiri dari cerita membuat orang lebih terlibat dan dapat meningkatkan pencapaian donasi. Selanjutnya, teknik dalam storytelling Kitabisa dibagi menjadi storytelling langsung dan tidak langsung. Oleh karena itu, penting untuk menganalisis keterlibatan pelanggan di Facebook sebagai mediator antara teknik storytelling dan pencapaian donasi. Tidak ada studi terbaru tentang storytelling, keterlibatan pelanggan, dan pembelian pelanggan di area crowdfunding; karenanya, ini merupakan topik yang menarik untuk materi penelitian. Dalam studi ini, peneliti mengumpulkan data dari Facebook dengan analisis konten dari Juni 2016 dan berakhir pada Maret 2019 dengan kriteria bahwa kampanye harus tentang masalah penyakit anak-anak, kampanye harus sudah selesai, kampanye hanya dalam bentuk gambar dan deskripsi serta kampanye harus dimiliki oleh pencipta dan tidak memiliki dukungan dari orang lain seperti selebriti atau influencer. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis mediasi untuk melihat efek langsung dan tidak langsung dari keterlibatan pelanggan pada storytelling dan pencapaian donasi. Hasil penelitian ini mengatakan ada efek langsung dari teknik bercerita pada pencapaian donasi dan keterlibatan pelanggan namun efek tidak langsung tidak terjadi dalam penelitian ini dan keterlibatan pelanggan tidak memediasi. Hasil dari penelitian ini akan memberikan perspektif baru dalam menggunakan teknik storytelling di masa depan untuk konten dalam pemasaran crowdfunding. Sehingga, ini akan membantu marketers untuk membuat konten yang menarik di Facebook dengan teknik storytelling yang dapat meningkatkan keterlibatan dan pencapaian pelanggan pada donasi.