digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

T-money adalah platform aplikasi yang diluncurkan oleh Telkom, bertujuan untuk membantu masyarakat guna menyediakan transaksi pembayaran dan pembelian dengan media ponsel. Pada awalnya T-money merupakan kartu pintar yang menggunakan tehnologi RFID. Seiring berjalannya waktu, T-money berkembang sebagai aplikasi keuangan yang dapat digunakan dengan ponsel dan tablet. Pengguna T-money dapat menyimpan uang mereka didalam aplikasi T-money sebagai saldo dan dapat digunakan sebagai semua transaksi. T-money dapat digunakan oleh semua operator seluler. Tekonologi yang digunakan untuk pembelian ialah QR code. T-money memiliki 2 jenis layanan yaitu layanan biasa dan layanan penuh. Masalah bisnis yang dihadapi T-money adalah, masih kurangnya pengguna dan penggunaan dari T-money yang aktif di segment B2C. Namun, mereka mencoba meningkatkan jumlah pengguna dengan mempromosikan secara langsung atau strategi pintu ke pintu bagi mereka yang membutuhkan platform keuangan seperti SME, perusahaan, dan bahkan pemerintah. Pendekatan teoritis yang digunakan untuk menyelesaikan masalah ini adalah menggunakan lingkungan umum (PEST), lingkungan industri (kekuatan Porter 5), analisis pesaing, analisis pelanggan, sumber daya, kemampuan, dan analisis rantai nilai. Setelah mengumpulkan dan memproses data kemudian melanjutkan ke analisis SWOT untuk mendapatkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Masalah bisnis dalam penelitian ini menemukan bahwa banyak pesaing yang substitusi tinggi sebagai pendatang baru aplikasi mobile keuangan dan produk diferensiasi kurang. Dari hasil analisis SWOT yang diperoleh, kemudian dilanjutkan ke analisis TOWS untuk mendapatkan solusi. Dengan mempertimbangkan hasil analisis sebelumnya, penelitian ini memperoleh strategi pemasaran untuk mengembangkan segmentasi, penargetan dan posisi, dan bauran pemasaran. Bagian implementasi termasuk rencana waktu kegiatan dan rencana penganggaran. Diusulkan segmentasi untuk semua generasi yang menggunakan operator seluler. Pengguna penargetan yang diusulkan adalah penetrasi pasar ke pelanggan aplikasi keuangan lainnya dan untuk semua operator seluler untuk menjadi pengguna T-money. Usulan positioning T-money adalah mudah digunakan, mudah dimengerti, dan aman digunakan dengan aplikasi ini dengan teknologi inovatif dan fitur unik untuk transaksi melalui telepon seluler. Usulan bauran pemasaran untuk mengembangkan produk mereka dengan fitur baru, berkolaborasi dengan E-commerce, mengembangkan antarmuka pengguna, memperbarui pedagang offline dan online. Promosi dengan menggunakan YouTube dan Instagram, pengingat diskon, makanan T-money & fest SME. Tempatkan dengan mengeluarkan cabang baru. Kembangkan karyawan dengan pelatihan dan seminar, buat tim baru. Harga dengan harga diskon yang dipilih.