digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penerbitan buku adalah salah satu industri potensial di Indonesia. Genre yang paling berkontribusi terhadap total penjualan buku adalah buku-buku anak, fiksi, dan buku-buku agama. Penerbit Republika adalah salah satu penerbit nasional yang dikenal sebagai penerbit Islam. Penerbit ini sebenarnya menerbitkan berbagai genre, tetapi mayoritas menerbitkan buku-buku Islam dan novel-novel bernuansa agama/moral. Penelitian ini mengidentifikasi tiga masalah yang dihadapi oleh Republika Penerbit, yakni persoalan ketergantungan terhadap salah satu penulis, masalah transformasi teknologi dan masalah ancaman saluran distribusi. Penelitian terapan ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan analisis terhadap kondisi lingkungan bisnis internal dan eksternal diikuti dengan analisis SWOT dan TOWS. Setelah itu peneliti mengusulkan solusi bisnis untuk memecahkan masalah bisnis yang ada, kemudian menawarkan rencana implementasi untuk menghasilkan pertumbuhan pendapatan bagi perusahaan. Peneliti merekomendasikan perusahaan untuk menggunakan integrated cost leadership/differentiation strategy. Tujuan menggunakan strategi ini adalah untuk menghasilkan produk secara efisien dengan beberapa fitur yang berbeda. Secara rinci, perusahaan disarankan untuk melakukan penetrasi pasar, ekspansi pasar global, kerjasama dengan perusahaan lain, merekrut penulis laris, meningkatkan penjualan dan promosi online, merekrut penulis baru, mengembangkan pasar B2B, bekerja sama dengan rumah produksi film, merekrut karyawan baru, melakukan transformasi digital dan mengurangi pembajakan buku. Untuk melaksanakan strategi bisnis yang diusulkan, peneliti menawarkan rencana pelaksanaan dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti penanggung jawab, penganggaran, pendapatan yang diharapkan dan waktu. Strategi ini diharapkan dapat membuat kinerja perusahaan lebih baik di masa yang akan datang.