SMK KP Pasirjambu merupakan sebuah sekolah swasta yang sedang mengembangkan organisasinya. Sejak tahun 2017 sekolah ini resmi menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Dalam menerapkan manajemen yang baru ini, dirumuskan pula nilai-nilai budaya yang akan diterapkannya. Terdapat tiga nilai budaya yang diterapkan, yaitu character education, initiative continuous learning, dan end to end communication.
Penelitian ini meliputi perancangan sebuah alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur penerapan nilai-nilai budaya di SMK KP Pasirjambu. Alat ukur tersebut adalah sebuah kuesioner yang telah disebarkan kepada seluruh guru dan karyawan SMK KP Pasirjambu dan diuji validitasnya menggunakan spearman’s correlation dan uji reliabilitas dengan cronbach’s alpha. Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas, alat ukur yang dinyatakan valid terdiri 49 item pernyataan, tetapi terdapat 3 dimensi yang tidak reliabel. Hasil pengukuran ini menunjukkan bahwa penerapan nilai character education dan end-to-end communication sudah diterapkan dengan baik, sedangkan nilai initiative continuous learning masih terbilang cukup baik. Pengetahuan mengenai penerapan nilai ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efektivitas kinerja melalui program-program di SMK KP Pasirjambu. Selain itu, hasil dari penelitian ini dapat digunakan untuk menyusun strategi-strategi untuk meningkatkan lingkungan kerja yang lebih baik dan sosialisasi nilai budaya sejak dari proses seleksi hingga selama menjadi anggota organisasi SMK KP Pasirjambu.