digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Marhara Situmeang
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Marhara Situmeang
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Marhara Situmeang
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Marhara Situmeang
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Marhara Situmeang
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Marhara Situmeang
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Penelitian ini menganalisa industri produk kecantikan di Indonesia, secara khusus produk pembersih muka bagi wanita. Industri ini merupakan salah satu sektor yang memiliki pertumbuhan cepat dengan Compound annual growth rate 2012-2017 sebesar 13.3% di pasar retail. Tujuan penelitian ini juga untuk memahami faktor kesuksesan di industri kecantikan dengan topik spesifik di perilaku konsumen dan online channel yang semakin berkembang. Penelitian ini mengaplikasikan pembelajaran konseptual terhadap Proses Pengambilan Keputusan Konsumen, Strategi Pemasaran, dan Penelitian Pasar. Setelah menganalisa industri, pelaku pasar, dan tren di Indonesia, penelitian ini mengevaluasi penerapan data terhadap contoh nyata yang spesifik. Penelitian ini terkait dengan Salica Beauty Indonesia, yang merupakan perusahaan Jepang, yang sedang mencoba untuk mendapatkan pangsa pasar di kategori produk pembersih wajah kelas atas melalui Hada Nature. Penelitian ini memberikan kesempatan untuk melakukan ragam tipe analisa dan penelitian terhadap industri, kompetisi pasar, survey, wawancara, literatur akademik, dan penerapan data untuk menghasilkan solusi praktis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsumen produk pembersih wajah kelas atas menggunakan ragam digital channel sebagai sumber informasi, mengevaluasi pilihan merk, dan tempat belanja. Mereka juga secara spesifik menunjuk beberapa nama figur media social yang dianggap ahli dalam memberikan anjuran terhadap merk-merk produk kecantikan. Selain digital channel, kehadiran toko fisik masih dianggap penting bagi konsumen kelas atas karena toko fisik menawarkan pengalaman berbelanja yang lebih lengkap.