digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT Optima Digital Corporindo (PT ODC) adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang teknologi yang menyediakan solusi teknologi untuk usaha-usaha. Proyek ini bertujuan untuk mempersiapkan PT ODC berkembang dan bersaing di pasar. Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengidentifikasi fitur-fitur penting yang dicari oleh pengguna solusi teknologi dan mengembangkan strategi untuk mengkomersialisasi produk dan layanan berdasarkan kebutuhan dan keinginan pengguna, mengembangakn system operasi perusahaan, dan menentukan strategi serta prioritas bagian penelitian & pengembangan. Proyek ini menggunakan metode pengumpulan data kualitatif melalui interview dengan beberapa pemilik usaha dan manajer pembelian untuk mendapatkan gambaran mengenai halhal yang dicari oleh manajemen atas ketika mencari solusi teknologi. Metode kuantitatif digunakan dalam bentuk kuisioner yang ditujukan kepada pengguna software dalam pekerjaan sehari-hari mereka untuk mengerti fitur apa yang mereka cari dalam sebuah software. Data sekunder digunakan untuk mempertajam Analisa-analisa yang ada. Penelitian kemudian dilanjutkan menggunakan Analisa lingkungan internal dan eksternal. Analisa lingkungan eksternal dilakukan menggunakan Analisa PESTEL, Proter’s Five Forces, analisa pesaing, analisa pelanggan yang didasarkan interview dan kuisioner. Analisa internal dilakukan menggunakan Resources & Capability Analysis, Analisa VRIO, dan Value Chain Analysis. Hasil dari analisa kemudian dimasukan dalam Analisa SWOT. Hasil dari Analisa yang ada kemudia digunakan sebagai dasar perumusan strategi menggunakan Porter’s Generic Competitive Strategy dan analisa TOWS. Strategi yang dihasilkan kemudian digunakan untuk membentuk sebuah komposisi marketing untuk menentukan product, place, price, dan promotion dari produk PT ODC untuk dikomersialisasi. Strategi bisnis kemudian dimasukan kedalam business model canvass.