PT Optima Digital Corporindo (PT ODC) adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang
teknologi yang menyediakan solusi teknologi untuk usaha-usaha. Proyek ini bertujuan untuk
mempersiapkan PT ODC berkembang dan bersaing di pasar. Tujuan dari proyek ini adalah
untuk mengidentifikasi fitur-fitur penting yang dicari oleh pengguna solusi teknologi dan
mengembangkan strategi untuk mengkomersialisasi produk dan layanan berdasarkan
kebutuhan dan keinginan pengguna, mengembangakn system operasi perusahaan, dan
menentukan strategi serta prioritas bagian penelitian & pengembangan.
Proyek ini menggunakan metode pengumpulan data kualitatif melalui interview dengan
beberapa pemilik usaha dan manajer pembelian untuk mendapatkan gambaran mengenai halhal
yang dicari oleh manajemen atas ketika mencari solusi teknologi. Metode kuantitatif
digunakan dalam bentuk kuisioner yang ditujukan kepada pengguna software dalam
pekerjaan sehari-hari mereka untuk mengerti fitur apa yang mereka cari dalam sebuah
software. Data sekunder digunakan untuk mempertajam Analisa-analisa yang ada. Penelitian
kemudian dilanjutkan menggunakan Analisa lingkungan internal dan eksternal. Analisa
lingkungan eksternal dilakukan menggunakan Analisa PESTEL, Proter’s Five Forces,
analisa pesaing, analisa pelanggan yang didasarkan interview dan kuisioner. Analisa internal
dilakukan menggunakan Resources & Capability Analysis, Analisa VRIO, dan Value Chain
Analysis. Hasil dari analisa kemudian dimasukan dalam Analisa SWOT.
Hasil dari Analisa yang ada kemudia digunakan sebagai dasar perumusan strategi
menggunakan Porter’s Generic Competitive Strategy dan analisa TOWS. Strategi yang
dihasilkan kemudian digunakan untuk membentuk sebuah komposisi marketing untuk
menentukan product, place, price, dan promotion dari produk PT ODC untuk
dikomersialisasi. Strategi bisnis kemudian dimasukan kedalam business model canvass.