Pemahaman merupakan aspek yang sangat fundamental dalam matematika.
Kemampuan guru untuk membantu siswa memahami matematika merupakan hal
yang sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seputar pemahaman
siswa terhadap materi sifat logaritma perkalian dan hasil bagi dua bilangan serta
logaritma bilangan berpangkat. Dalam hal ini siswa yang paham diartikan bukan
hanya sekedar tahu dan hafal sifat tersebut, tetapi lebih bagaimana siswa memiliki
kemampuan dalam membuktikan sifat tersebut. Kenyataan di lapangan siswa
menerima sifat-sifat tersebut sebagai sifat yang sudah jadi. Akibatnya pemahaman
siswa terhadap sifat-sifat itu sangat rendah sebagaimana yang diperlihatkan dalam
hasil tes diagnostik. Oleh karena itu penulis tertarik dan ingin secara langsung
mengajarkan materi tersebut dengan membuktikan sifat tersebut. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa siswa mampu melakukan pembuktian dan pembelajaran yang
didesain dengan pembuktian dapat dijadikan alternatif yang tepat guna
meningkatkan pemahaman, kecakapan membuktikan dan pandangan positif
terhadap matematika.