digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Upload William F.pdf
PUBLIC Kartika

ABSTRAK Bidang properti Indonesia beberapa tahun ke belakang ini mengalami pertumbuhan yang signifikan melihat maraknya berdiri apartemen-apartemen dan perumahan-perumahan mewah baru. Pertumbuhan di sektor ekonomi ini juga secara tidak langsung mendorong pertumbuhan bisnis di sektor produk interior dan furniture. Berdiri sejak akhir 2016, Serene adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi barang interior. Selama ini Serene memproduksi produknya melalui pesanan khusus dari pelanggannya. Setiap produksi yang dilakukan akan melalui serangkaian tahap yang memastikan setiap keinginan dari pelanggan disertai ke dalam desain produk. Setelah berjalan selama satu tahun lebih, pihak manajemen menyadari bahwa kinerja bisnis dari Serene tidak mengalami pertumbuhan yang signifikan jika dilihat dari jumlah produk yang diterima. Setelah dilakukan analisis dari sisi internal dan eksternal bisnis, diketahui bahwa sumber permasalahan utama terletak pada kurangnya produk unik yang menjadi pembeda dari perusahaan terhadap pesaingnya. Untuk menyiasati permasalahan tersebut, langkah yang dilakukan adalah melakukan strategi untuk pengembangan produk yang memiliki nilai keunikan yang baru, Dengan menggunakan pendekatan agile, selain dapat mengurangi sumber daya yang diperlukan metode ini juga cocok untuk digunakan karena produk baru yang dihasilkan dapat sesuai dengan keinginan consumen dan memecahkan masalah yang mereka hadapi. Proses pengembangan produk baru berhasil menciptakan 2 fitur, fitur pertama adalah sofa dengan cover yang dapat dilepaskan dan fitur kedua adalah desain pembungkus sofa yang baru.