digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pada saat ini telah terjadi pergeseran perilaku konsumen dalam menggunakan layanan telekomunikasi. Pada awalnya, pelanggan merasa nyaman dan puas dengan layanan dasar telekomunikasi yaitu telepon dan layanan pesan singkat (SMS) yang mengandalkan teknologi 2G. Kemudian, kebutuhan masyarakat semakin meningkat dalam layanan telekomunikasi. Orang cenderung lebih banyak melakukan komunikasi real time melalui panggilan video, mengirim gambar atau video, bahkan streaming video online. Peningkatan permintaan ini kemudian diikuti dengan evolusi teknologi. 4G LTE menjadi solusi kebutuhan data koneksi yang lebih cepat dan lebih stabil. Telkomsel sebagai operator telekomunikasi terbesar di negara ini juga menghadapi masalah dengan pergeseran perilaku konsumen dalam layanan telekomunikasi. Pendapatan dari bisnis telefon dan SMS mengalami penurunan. Produktivitas telepon, terutama di wilayah Jawa Barat menurun hingga -7,00% pada akhir tahun 2017 dan diprediksi selalu menurun di tahun berikutnya. Di sisi lain, produktivitas dan pendapatan dari broadband (penggunaan internet) selalu tumbuh positif. Telkomsel wilayah jawa barat mencatat pertumbuhan sebesar +164,38% per tahun hingga akhir 2017. Fenomena ini memberi peluang bagi Telkomsel untuk dapat menggantikan pendapatan dari telefon dan sms menjadi pendapatan data internet. Berdasarkan kajian lingkungan eksternal dan internal dan riset pasar, salah satu yang dapat disimpulkan bahwa sebanyak 36% responden menggunakan ponsel pintar dan berselancar di internet di rumah. Ini adalah pasar yang sangat potensial bagi Telkomsel karena tidak ada produk atau layanan spesifik yang dapat melayani pasar ini. Telkomsel Home LTE dinilai sebagai solusi yang tepat dalam menghadapi tantangan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang paling tepat dalam mengembangkan Telkomsel Home LTE sebagai produk dan layanan baru. Setelah itu akan dilakukan analisa menggunakan matriks portofolio GE / McKinsey untuk memutuskan strategi pemasaran apa yang akan digunakan di Telkomsel Home LTE. Penelitian ini diakhiri dengan rencana implementasi strategi rencana pemasaran yang sesuai dan bagian untuk mendukungnya.