digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Isu tentang kelestarian lingkungan terus menjadi perdebatan sejalan dengan upaya untuk meminimalkan biaya transportasi di dalam proses logistik. Salah satu cara untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan menggunakan Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan menerapkan rute optimal dalam rangka mendapatkan biaya transpotasi yang efisien sekaligus juga mengurangi emisi gas. Melalui tesis ini, kami memperkenalkan Hybrid Vehicle Routing Problem (HVRP) yang merupakan ekstensi dari Green-Vehicle Routing Problem (G-VRP). Fokus penelitian ini adalah kendaraan yang menggunakan bahan bakar hybrid, yaitu tenaga listrik dan bahan bakar fosil. Melalui penelitian ini, dihasilkan model matematis untuk meminimalkan total biaya perjalanan dengan menggunakan PHEV dengan memperhatikan keberadaan stasiun pengisian listrik dan stasiun pengisian bahan bakar fosil. Untuk memecahkan masalah ini, digunakan metode heuristik Simulated Annealing (SA). Algoritma SA yang akan digunakan tersebut terlebih dahulu dibandingkan dengan data Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP). Dari perbandingan tersebut, algoritma SA memperoleh hasil yang baik dalam memecahkan CVRP. Kemudian, metode SA tersebut digunakan dalam permasalahan HVRP. Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, variable yang berpengaruh terhadap total biaya transportasi adalah jenis kendaraan dan jumah stasiun listrik.