digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pertumbuhan industry makanan di Indonesia meningkat, menyebabkan persaingan antara perusahaan di industri makanan. Perusahaan butuh untuk melakukan promosi agar bertahan dalam persaingan yang ada. Salah satu tempat untuk melakukan promosi adalah dengan menggunakan iklan di media social (Instagram). Berdasarakan hasil penelitian awal terdapat tiga iklan di instagram yang mempengaruhi dalam sadar akan suatu merek dan yang akan membuat ingin membeli suatu merek ataupun produk yaitu paid promote, celebrity endorsement, dan instagram ads. Dimana ketiga iklan ini masih belum banyak diteliti pada industri makanan dan akan menolong perusahaan dalam mengerti hubungan terjadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan responden sebanyak 166 orang. Data yang didapat akan di olah dengan menggunakan analisis linear berganda dan analisis linear sederhana. Hasil dari pengolahan data menunjukan ketiga iklan di Instagram mempengaruhi kesadaran merek secara bersama-sama dan juga secara terpisah, dimana celebrity endorsement memiliki pengaruh yang paling besar terhadap kesadaran merek diikuti dengan paid promote dan instagram ads. Dan kesadaran merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat beli akan tetapi masih banyak factor yang mempengaruhi niat beli selain brand awareness. Perusahaan bisa menggunakan iklan untuk meningkatkan kesadaran merek yang dimulai dengan celebrity endorsement dan di ikuti dengan dua lainnya. Dan kesadaran merek yang tercipta dapat meningkatkan niat beli oleh pelanggan.