digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


COVER LUFINDRIA RAZNI ANDAYANINGTYAS
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 LUFINDRIA RAZNI ANDAYANINGTYAS
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 LUFINDRIA RAZNI ANDAYANINGTYAS
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 LUFINDRIA RAZNI ANDAYANINGTYAS
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 LUFINDRIA RAZNI ANDAYANINGTYAS
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 LUFINDRIA RAZNI ANDAYANINGTYAS
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 LUFINDRIA RAZNI ANDAYANINGTYAS
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA LUFINDRIA RAZNI ANDAYANINGTYAS
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Bandar Udara (disingkat: Bandara) Mopah merupakan salah satu fasilitas tempat pesawat terbang untuk dapat lepas landas dan mendarat di wilayah Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Terminal Penumpang Bandar Udara Mopah mampu melayani 2.180 penumpang pada jam sibuk dan direncanakan memiliki luas sebesar 40.800 m2 dan mampu melayani 2.180 penumpang pada jam sibuk. Tugas akhir ini akan membahas mengenai perancangan timbunan runway dan pondasi terminal Bandar Udara Mopah, Merauke. Perbaikan tanah ini akan dilakukan dengan menggunakan Prefabricated Vertical Drain, Preloading, dan Stone Column. Perencanaan Preloading bertujuan untuk meningkatkan kekuatan tanah dan menurunkan penurunan servis yang terjadi. Sementara itu perencanaan Prefabricated Vertical Drain bertujuan untuk mempercepat terjadinya proses konsolidasi. Pada proyek ini juga terdapat, lapisan yang terdiri dari pasir lepas yang berpotensi mengalami likuifaksi. Maka untuk memitigasi terjadinya likuifaksi, didesain perbaikan tanah dengan stone column. Proses desain stone column didasarkan pada kemampuan kolom untuk mendisipasi kelebihan air ketika terjadi gempa. Hal ini bisa terjadi karena permeabilitas dari stone column lebih tinggi daripada tanah disekitarnya. Setelah desain stone column memenuhi kriteria terhadap gempa. Maka akan diperiksa kemampuan dari kolom untuk meningkatkan daya dukung dari tanah disekitarnya. Pondasi terminal didesain dengan tipe tiang bor untuk memikul beban struktur atas. Pondasi didesain dengan software LPile dan GPile dan perkuatan pondasi didesain dengan software PCA Column dan perhitungan manual. Hasil dari analisis menunjukan bahwa desain perbaikan tanah pada runway dan pondasi gedung terminal telah sesuai kriteria desain.