Lapangan Bekapai merupakan bagian dari Cekungan Kutai yang memiliki sistem petroleum yang telah terbukti ekonomis. Daerah ini dipilih menjadi bagian dari lokasi penelitian karena memiliki indikasi keberadaan tekanan-luap dengan kondisi geologi yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik tekanan-luap dalam hubungannya dengan kondisi geologi di daerah penelitian.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah log talikawat (gamma ray, sonik, resitivitas dan densitas), tekanan formasi, laporan akhir pengeboran (berat lumpur dan peristiwa pengeboran), serbuk bor dan kecepatan seismik. Hasil penelitian ini menunjukkan mekanisme pembentuk tekanan-luap di daerah penelitian adalah mekanisme loading dan non-loading. Mekanisme loading diakibatkan oleh pengendapan sedimentasi yang relatif cepat di daerah penelitian, sedangkan mekanisme non-loading diakibatkan oleh transformasi mineral kaolinit menjadi ilit. Pembentukan hidrokarbon diduga tidak berkontribusi terhadap pembentukan tekanan-luap di daerah penelitian ini.
Penampang penyebaran puncak tekanan-luap dengan menggunakan kecepatan seismik dan data tekanan sumur di daerah penelitian menunjukkan bahwa puncak tekanan-luap mengikuti struktur horizon marker MF 8.5. Marker tersebut menandakan proses geologi pada saat maximum flooding, sehingga marker tersebut dicirikan oleh kehadiran batulempung yang cukup luas dan tebal didaerah penelitian. Hal ini memungkinkan terbentuknya tekanan-luap di marker MF 8.5.