digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

iqro_29116166.pdf
PUBLIC Kartika

Dalam beberapa tahun belakang crowdfunding telah berkembang dengan sangat cepat secara global, dan platform seperti Kickstarter dan Indiegogo saat ini menjadi pemimpin dari trend ini dalam sektor crowdfunding berbasis hadiah. Vifthfloor, sebuah pengembang permainan visual novel lokal, memanfaatkan tren crowdfunding ini sebagai model bisnis mereka dalam mengembangkan permainan visual novel. Namumn, di proyek kolaborasi mereka, Xagia Wars, ditemukan sebuah kesulitan. Kesulitan yang paling dirasakan adalah sulitnya mendapatkan funder dan calon funder untuk proyek tersebut. Untuk menyelesaikan isu dan mencari solusi yang sesuai, beberapa analisis dilakukan. Analisis pertama adalah analisis eksternal, yang terdiri dari analisis umum, analisis saingan, serta analisis consumer. Analisis kedua adalah analisis internal, yang akan melihat analisis sumber daya dan aktifitas rantai nilai. Dalam melakukan analisis ini juga akan disertai dengan melihat Marketing Mix dari Xagia Wars saat ini. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, akan ditarik kesimpulan dengan menggunakan analisis akar masalah. Setelah melihat analisis akar masalahnya, nantinya akan dapat dilihat faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi keinginan seseorang dalam melakukan pendanaan pada proyek crowdfunding permainan visual novel. Saat ini didapati ada 4 kekurangan utama dalam marketing mix yang telah dijalani. Faktor-faktor tersebut adalah sedikitnya kesadaran, minimnya sentuhan personal serta ketidak-akuratan desain kampanye, tidak adanya demo dari permainan, dan terakhir terlalu banyaknya opsi dari hadiah. Setelah menelaah hasil dari analisis yang dilakukan, alternatif-alternatif solusi pun dibuat. Alternatif solusi pertama adalah menggunakan marketing mix saat ini untuk kampanye Kickstarter. Alternatif solusi selanjutnya adalah menggunakan marketing mix baru yang didasari dari celah yang ditemukan dalam analisis akar masalah. Usulan solusi yang dipiliah adalah menerapkan marketing mix baru. Untuk menerapkan solusi ini, ada 5 rencana aksi yang harus dilaksanakan. Rencana aksi tersbut diantaranya memformulasikan konten dan merencanakan kampanye media sosial, membuat demo permainan, melakukan eksekusi dari kampanye media sosial, membuat ulang desain dari purwa-rupa kampanye Kickstarter, dan terakhir, meluncurkan proyek kickstarter. Solusi ini butuh setidaknya 4 bulan untuk diimplementasikan serta tambahan dana sebesar Rp 9.5000.000,00 untuk dijalankan.