digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Hanna Anggiana (19015102)
PUBLIC Taupik Abidin

CHAPTER I HANNA ANGGIANA.pdf ]
PUBLIC Taupik Abidin

CHAPTER II HANNA ANGGIANA.pdf)u
PUBLIC Taupik Abidin

CHAPTER III HANNA ANGGIANA.pdf?
PUBLIC Taupik Abidin

CHAPTER IV HANNA ANGGIANA.pdf)u
PUBLIC Taupik Abidin

CHAPTER V HANNA ANGGIANA.pdf ]
PUBLIC Taupik Abidin

REFERENCE HANNA ANGGIANA.pdf ]
PUBLIC Taupik Abidin

Kartu kredit merupakan metode pembayaran yang populer dan umum digunakan di era digital, terutama pada transaksi e-commerce. Industri e-commerce kian berada di titik tinggi di Indonesia, tetapi angka pertumbuhan e-commerce berputrar terbalik dengan penggunaan kartu kredit sebagai metode pembayaran transaksinya. Tingkat penetrasi kartu kredit Indonesia relatif rendah dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya, walaupun Indonesia memimpin pertumbuhan e-commerce dari yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskusikan niat warga Indonesia akan kartu kredit. Penelitian ini menggunakan kombinasi Techonolgy Acceptance Model (TAM; David et al., 1989) dan Theory of Planned Behavior (TPB; Ajzen, 1985). Variable penting yang digunakan untuk menilai niat menggunakan kartu kredit adalah norma subjektif, presepsi akan kegunaan, presepsi akan kontrol perilaku, dan presepsi akan risiko. Sebelumnya studi oleh Quan & Nam (2017) di Vietnam telah meneliti masalah yang sama, dan penelitian ini menggunakan ranga yang sama dan diterapkan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan total 200 responden yang berpartisipasi dari daerah Jakarta dan Bandung. Untuk menganalisis data, statistika deskriptif dan Multiple Linear Regression (MLR) digunakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa norma subyektif dan presepsi akan kegunaan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap niat untuk menggunakan kartu kredit, presepsi akan risiko memiliki memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap niat untuk menggunakan kartu kredit, namun presepsi kontrol perilaki tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap niat untuk menggunakan kartu kredit. Studi mengenai niat terhadap kartu kredit sendiri masih terbatas publikasinya khususnya di Indonesia. Penelitian ini dapat memberikan wawasan kepada pasar kartu kredit dan pengertian lebih akan pandangan warga Indonesia kepada kartu kredit.