digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Seiring terbatasnya energi konvensional seperti energi fosil dan semakin berkembangnya teknologi mendorong para produsen kendaraan untuk bergeser ke jenis kendaraan listrik. Kendaraan listrik mampu menyelesaikan masalah yang ditimbulkan oleh kendaraan konvensional seperti keterbatasan sumber energi dan pencemaran lingkungan melalui emisi gas karbon. Pengembangan pada kendaraan listrik meliputi pengembangan pada alat pengendali motor penggeraknya. Sistem kendali yang andal memungkinkan kendali torka pada motor sehingga energi yang digunakan dapat lebih efisien. Selain itu adanya fitur seperti regenerative braking juga dapat meningkatkan efisiensi energi pada kendaraan. Untuk itu diperlukan adanya alat pengendali motor yang andal untuk dapat menciptakan kendaraan listrik yang memiliki efisiensi energi tinggi. Pada penelitian ini dibahas tentang desain sistem manajemen pada alat pengendali motor BLDC. Penelitian ini meliputi pengendalian nilai torka motor yang menghasilkan efisiensi tinggi, dan algoritma perubahan keadaan pada alat pengendali motor. Alat pengendali motor menggunakan sistem kendali torka lingkar tertutup. Keadaan yang diamati pada alat pengendali motor yaitu keadaan off, idle, powering, dan fault. Tegangan baterai, arus baterai, tegangan alat pengendali, arus motor, dan kecepatan motor akan diamati pada tiap kondisi kerja alat pengendali.