digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Farhan Hafiz
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Pengembangan E-trike sebagai kendaraan listrik berbasis baterai menimbulkan kebutuhan simulasi untuk memprediksi efisiensi dan performa konsumsi energi pada E-trike. Model simulasi dibuat berdasarkan persamaan-persamaan numerik melalui studi literatur pendekatan quasistatic yang mendekati konsumsi energi listrik berdasarkan input kecepatan, percepatan serta sudut kemiringan jalan. Simulasi dibuat dengan memodelkan kendaraan E-trike melalui aplikasi Matlab Simulink. Data kecepatan masukan yang dibutuhkan pada simulasi ini didapatkan dari pengukuran kecepatan berbasis sensor hall dan aplikasi berbasis global positioning system (GPS). Sedangkan data kemiringan didapat dari pengukuran langsung kemiringan menggunakan inclinometer dan aplikasi berbasis GPS. Hasil dari simulasi ini berupa data kalkulasi konsumsi energi dan state of charge (SOC) dari kendaraan uji. Hasil simulasi akan dibandingkan dengan data hasil eksperimen yang dilakukan secara langsung. Selain itu, data hasil eksperimen juga akan dibandingkan dengan simulasi yang menggunakan jeda pengereman regenerasi dan simulasi yang tidak menggunakan jeda pengereman regenerasi. Uji eksperimen pada E-trike dilakukan dengan melakukan pengukuran elektrik dari baterai dan inverter. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan alat pengukuran daya/power analyzer HIOKI PW3390. Dengan menggunakan metode perhitungan coulomb dan data arus dari instrumen pengukuran daya maka akan didapat nilai SOC real. Dari simulasi yang didapat nilai akhir SOC estimasi berbeda 0,61% dari nilai sebenarnya. Perbedaan nilai tersebut terlihat semakin membesar seiring lamanya waktu pengujian. Di sisi lain, eror atau kesalahan yang terdapat pada pembacaan gradien dari GPS menggeser nilai akhir estimasi SOC sejauh 0,56%.