digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

1989 MOENO
PUBLIC rikrik

ASSESSMENT OF FIELD COMPACTION TESTS AND COMPACTION CHARACTERISTICS OF SOIL ON PADALARANG-CILEUNYI TOLL ROAD PROJECT, Nadi U Moeno, 1989, Program Sistem dan Teknik Jalan Raya, Fakultas Pasca Sarjana, Institut Teknologi Bandung. Perbandingan antara kekuatan, kepadatan, kadar air dan sifat klasifikasi terhadap tanah tropis yang digunakan untuk timbunan pada jalan Toll padalarang - Cileunyi, Bandung, telah dilakukan. Pengujian-pengujian lapangan yang telah dilaksanakan terdiri dari uji DCP untuk menilai kekuatan tanah dasar timbunan, dan pengujian kepadatan tanah dasar di lapangan dengan menggunakan dua alat uji, Nuclear Densometer serta Sand Cone App. untuk mengevaluasi kepadatan dan kadar air lapangan ditempat. Untuk melengkapi pekerjaan ini dilakukan program pengujian laboratorium terdiri dari uji pemadatan, CBR dan uji batas-batas Atterberg. Pengujian lapangan dilakukan pada 51 lokasi, kemudian tanah pada lokasi ini diambil untuk dilakukan pengujian lengkap di laboratorium. Contoh-contoh tanah karung juga diambil dari tepi sebelah kiri/kanan jalan pada lokasi titik-titik pengujian yang dilakukan. Hasil pengujian secara umum didapatkan bahwa terdapat korelasi yang baik antara angka penetrasi DCP dan CBR, walaupun pada korelasi tersebut terdapat sedikit perbedaan dari beberapa hubungan antara DCP N - CBR yang telah dipublikasikan. Dari perbandingan hasil evaluasi antara Nuclear dan Sand Cone dari karakteristik kepadatan setempat terlihat adanya korelasi yang konsisten, dimana nilai kepadatan kering hasil uji Nuclear Densometer sedikit lebih kecil dibandingkan hasil yang diperoleh dari uji Sand Cone. Dari penelitian tersebut terlihat bahwa bahan tanah yang digunakan mempunyai variasi kadar air yang lebih besar. Hal ini menunjukan bahwa penerapan spesifikasi tanpa suatu kalibrasi yang sesuai sulit, dilakukan. Meskipun demikian hasil penelitian menunjukan bahwa dari pemadatan bahan ditempat diperoleh nilai-nilai kekuatan yang memuaskan. Residu vulkanik didalam bahan tanah yang digunakan memperlihatkan variasi yang besar pada nilai karakteristik pemadatannya, walaupun apabila diambil dari satu sumber. Apabila sifat-sifat tanah sangat bervariasi, kelompok kurva pemadatan (family of compaction curves) perlu dibuat. Hal ini diperlukan agar penilaian kepadatan relatif di lapangan dapat dilakukan dengan lebih teliti. Dari penelitian ini terlihat bahwa pada kepadatan relatif yang tinggi nilai-nilai kekuatan tanah sangat memuaskan, lebih tinggi daripada tanah dari jenis atau kelas yang sama. Ini adalah keistimewaan dari tanah residu vulkanik.