Paguyuban Cak & Ning Surabaya adalah organisasi non-profit yang bergerak di bidang promosi
pariwisata dan budaya di Kota Surabaya.Paguyuban Cak & Ning Surabaya beranggotakan para
duta pariwisata Surabaya. Paguyuban Cak & Ning Surabayamerupakan partner strategis dari
dinas pariwisata untuk mempromosikan pariwisata di Surabaya. Setiap tahun organisasi ini
mendapatkan dana sebesar 800 juta rupiah untuk membiayai pemilihan tahunan duta wisata dan
pelatihan pasca pemilihan.
Masalah yang timbul pada Paguyuban Cak & Ning Surabaya adalah pemasukan organisasi yang
berasal dari divisi kewirausahaan relative kecil.Setiap tahun organisasi hanya mendapatkan
pemasukan sebesar 15 juta rupiah per tahun.Kecilnya pendapatan yang dimiliki organisasi
membuat Paguyuban Cak & Ning Surabaya kesulitan dalam menyusun program kerja dan
menjalankannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan pemasukan Paguyuban Cak & Ning Surabaya
dengan cara menciptakan varian produk/jasa yang baru. Setelah melakukan penelitian mengenai
sumber daya yang dimiliki oleh organisasi, peneliti membuat produk jasa baru menggunakan
metode strategi pengembangan produk baru berupa jasa private city tour. Setelah jasa ini resmi
dirilis, estimasi keuntungan yang akan diterima oleh Paguyuban Cak& Ning Surabaya pada
tahun pertama sebesar Rp. 89,321,000.