digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Salah satu permasalahan pada pembelajaran matematika di sekolah sampai saat ini adalah terdapat jurang pemisah antara pembelajaran matematika yang dipelajari di sekolah dengan penerapannya pada kehidupan nyata. Permasalahan inilah yang selalu menjadikan matematika dianggap sulit dan tidak menyenangkan. Hasil studi PISA (Programme for International Student Assessment) untuk kemampuan literasi matematika siswa Indonesia termasuk ke dalam kategori yang rendah. Dengan skor rata-rata Internasional untuk literasi matematika adalah 500, Indonesia berturut-turut hanya memperoleh skor 367, 360, 391, 371, dan 375 pada tahun 2000, 2003, 2006, 2009, dan 2012. Pendidikan matematika realistik merupakan salah satu solusi nyata untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dengan demikian, dibuatlah materi matematika untuk siswa SMP/MTs kelas 8 semester 1 dengan pendekatan pendidikan matematika realistik. Materi matematika yang berupa buku teks tersebut disusun dengan memperhatikan beberapa aspek berikut: (1) tampilan dan ilustrasi yang menarik, (2) penyampaian materi menggunakan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari dengan prinsip penemuan, (3) latihan soal, kegiatan, dan diskusi dikemas berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, (4) menggunakan bahasa yang mudah dipahami serta mempertimbangkan kearifan lokal, dan (5) memberikan kesan akrab pada pembaca, memberikan gambaran tentang karakter dan akhlak yang baik, serta menanamkan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan agar siswa dapat lebih mengingat Allah.