digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

1984 DJOHAR
PUBLIC rikrik

Penyelidikan dalam thesis ini mengenai koefisien dari satuan mobil penumpang (p.c.u.) dan harga nyata dan harga teoritis dari "saturation flow" di Bandung. Lingkup dari penyelidikan meliputi tiga maksud yaitu menentukan koefisien satuan mobil penumpang untuk tiap jenis kendaraan, harga saturation flow dan hubungan dari saturation flow dengan lebar jalur jalan. Untuk menentukan koefisien - koefisien p.c.u., dua jalur jalan dari dua persimpangan yang dilengkapi dengan lampu lalu lintas di Bandung diamati. Untuk menentukan harga saturation flow, delapan jalur jalan dari delapan persimpangan yang dilengkapi dengan lampu lalu lintas di Bandung diamati. Penyelidikan ini juga mencakup pengukuran lebar jalur jalan dengan maksud memperoleh hubungan antara harga saturation flow dengan lebar jalur jalan. Hasil akhir yang diperoleh adalah sebagai berikut (1) Koefisien - koefisien p.c.u. dari: Sedan = 1.00 ; Minibus = 1.25 ; Opelet = 0.60 , Sepeda motor = 0.20 Truk besar 2.25 ; Bis 2.62 ; Beam = 0.52 ; Becak = 0.93 (2) Persamaan dari hubungan antara harga saturation flow dengan lebar jalur jalan adalah : S = - 12.33 X2 + 569.87 X + 223.16 p.c.u./jam dimana X = lebar jalur jalan dalam meter.