Virtual labs atau laboratorium virtual adalah pendekatan instruksional untuk memfasilitasi pembelajaran pada beberapa prosedur ilmiah atau eksperimental tertentu. Tujuannya adalah untuk memahami beberapa materi pembelajaran, untuk mengajarkan keterampilan berpikir kritis dan untuk memperbaiki kemampuan memecahkan masalah. Dalam tesis ini, diusulkan penggunaan kerangka kerja atau framework untu serious adventure game yang diterapkan di laboratorium virtual. Kerangka ini diharapkan bisa membantu para pengembang membangun sistem laboratorium virtual baru.
Kerangka kerja mendefinisikan bagaimana identifikasi konten pembelajaran menjadi konten permainan, membangun game design, dan mengimplementasikannya menjadi sebuah permainan di laboratorium virtual. Framework yang diusulkan telah menunjukkan bagaimana mengubah materi pembelajaran menjadi konten game, sehingga konten yang dihasilkan dapat menyesuaikan laboratorium konvensional. Game design harus memberikan pembelajaran yang tepat namun tetap menyenangkan bagi peserta didik.
Dalam penelitian ini, untuk memvalidasi framework yang dibangun, framework yang diusulkan telah diterapkan menjadi tiga permainan yang berbeda. Untuk melihat kegunaan dari framework tersebut, game ini digunakan untuk melihat kemampuan game dalam meningkatkan pengetahuan pemain dan menentukan pentingnya komponen tertentu dalam desain game yang diusulkan. Pengujian game ini dilakukan kepada 59 siswa SMA dan membandingkannya dengan 17 orang kelompok membaca. Hasilnya menunjukkan bahwa permainan yang dihasilkan menunjukkan dampak positif yang lebih baik dibandingkan dengan belajar dengan cara membaca.