digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PNS sebagai sumber daya manusia pelayan publik dituntut untuk selalu meningkatkan pengetahuan agar dapat dikatakan kompeten. Namun, untuk menjadi kompeten bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Kurangnya pelatihan akibat keterbatasan anggaran merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya kesenjangan pengetahuan antar pegawai. Fokus utama penelitian ini adalah meningkatkan pengetahuan pegawai di bidang manajemen PNS serta kaitannya terhadap motivasi intrinsik pengguna melalui penerapan framework yang diusulkan. Metode pembelajaran microlearning bergamifikasi melalui perangkat mobile dapat dijadikan solusi untuk mengatasi permasalah yang dihadapi. Penelitian ini mengadopsi metodologi Design Research Methodology (DRM) yang meliputi empat tahapan penelitian: 1) Klarifikasi penelitian, 2) Studi deskriptif I, 3) Studi petunjuk, dan 4) Studi deskriptif II. Pada tahapan studi petunjuk, dikembangkan framework berdasarkan desain instruksional (ADDIE) dengan kombinasi framework gamifikasi (GOAL) dan prinsip desain microlearning untuk menghasilkan framework usulan. Selanjutnya, framework diimplementasikan pada sistem pembelajaran daring manajemen PNS. Evaluasi melibatkan 69 pegawai dari seluruh unit kerja. Hasil uji statistik menunjukan bahwa desain pembelajaran microlearning bergamifikasi secara signifikan mampu meningkatkan pengetahuan pegawai sebesar 78,66% dengan faktor kesenangan (Joy) sebagai prediktor terkuat yang mempengaruhi kebiasaan penggunaan (Behavioral Intention of Use) dan penyerapan fokus belajar (Focused Immersion) disamping faktor manfaat penggunaan (Perceive Usefulness) dan kendali atas penggunaan aplikasi (Control).