digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

merged.pdf
PUBLIC Siti Sarah Nurbaity

Dinamika industri fashion yang terus berubah menyebabkan pengusaha dan pemasok untuk menghabiskan biaya rendah namun fleksibilitas untuk mempertahankan posisi yang menguntungkan. Fenomena ini biasa disebut sebagai Fast Fashion. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Ellen McArthur Foundation pada tahun 2017, industri fashion menghasilkan emisi gas yang lebih merusak dibandingkan dengan industri pelayaran dan penerbangan. Berangkat dari masalah ini, konsep mode berkelanjutan atau yang biasa dikenal sebagai eco-fashion diharapkan dapat memberikan kontribusi dampak positif dan membangun kesadaran di antara konsumennya. Pijakbumi salah satu merek Indonesia yang menyediakan alas kaki kerajinan yang ramah lingkungan dan sadar. Produk mereka diklaim mengurangi lebih sedikit limbah produksi, energi dan emisi, berdasarkan konsep dan standar keberlanjutan. Setahun setelah pendiriannya, penjualan Pijakbumi menunjukkan volatilitas dengan kecenderungan menurun. Oleh karena itu analisis lebih lanjut sangat diperlukan untuk menentukan strategi untuk meningkatkan penjualannya dan kemudian untuk memastikan keberlangsungan merek di industri fashion. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kondisi bisnis internal dan eksternal di Pijakbumi, mengevaluasi strategi pemasaran Pijakbumi saat ini, dan merekomendasikan pengembangan strategi pemasaran untuk Pijakbumi. Langkah pertama dari penelitian ini adalah melakukan scanning lingkungan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan Analisis Internal dilakukan dengan menggunakan Bauran Pemasaran, Tampilan Berbasis Sumber Daya, dan Analisis Rantai Nilai. Analisis Eksternal dilakukan dengan menggunakan beberapa analisis seperti Analisis Pesaing, Analisis Pelanggan dan Analisis PESTEL. Hasil dari semua analisis tersebut akan menjadi masukan untuk Analisis TOWS dan formulasi Strategi yang Diusulkan.Berdasarkan semua analisis, dapat disimpulkan bahwa masalah paling signifikan yang ada di Pijakbumi adalah pada atribut promosi mereka. Oleh karena itu, strategi yang diusulkan untuk meningkatkan kinerja penjualan mereka berfokus pada pemasaran digital. Rencana tindakan yang harus dilakukan terdiri dari Instagram Ad, Facebook Ad, Online Marketplace, Endorsement dan Consignment Partner. Diharapkan, strategi yang diusulkan yang akan dilaksanakan akan menjadikan Pijakbumi sebagai merek dan produk yang dikenal oleh masyarakat di Indonesia khususnya oleh target pasar Pijakbumi, dapat bersaing di industri alas kaki dan akhirnya menjadi bisnis yang berkelanjutan. Setelah semua strategi diterapkan, diharapkan Pijakbumi akan mendapatkan kesadaran dan kinerja penjualan yang lebih tinggi dari periode sebelumnya.