digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi niat pembelian konsumen terhadap department stores dengan menemukan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Theory of Reasoned Action (TRA) oleh Fishbein et.al (1975). Model ini menyatakan bahwa sikap dan norma subyektif mempengaruhi niat untuk melakukan suatu perilaku. Variabel baru yang ditambahkan ke model ini adalah perilaku belanja online. Perilaku belanja online dipelajari menggunakan faktor-faktor pembentuk perilaku konsumen oleh Kotler et.al. (2016). Secara keselutuhan, 202 responden dari Bandung dan Jakarta berpartisipasi dalam penelitian ini. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Untuk analisis data, statistik deskriptif dan regresi linier berganda digunakan. Dari tiga faktor yang mempengaruhi yang diusulkan dalam penelitian ini, dua dari faktor tersebut didukung sementara satu faktor tidak didukung. Sikap dan norma subyektif terbukti secara signifikan mempengaruhi niat beli konsumen terhadap department store dengan secara positif. Temuan ini sejalan dengan model TRA. Perilaku belanja online sebagai variabel yang baru ditambahkan tidak terbukti untuk mempengaruhi niat membeli konsumen secara signifikan terhadap department store. Temuan ini mungkin berguna bagi manajemen department store untuk menarik lebih banyak konsumen di masa depan dengan berfokus pada peningkatan sikap konsumen dan norma subjektif. Kata kunci: niat beli, department stores, theory of reasoned action (TRA), perilaku konsumen, konsumen muda