Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi niat pembelian konsumen terhadap department
stores dengan menemukan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Model yang digunakan dalam
penelitian ini adalah model Theory of Reasoned Action (TRA) oleh Fishbein et.al (1975). Model ini
menyatakan bahwa sikap dan norma subyektif mempengaruhi niat untuk melakukan suatu perilaku.
Variabel baru yang ditambahkan ke model ini adalah perilaku belanja online. Perilaku belanja online
dipelajari menggunakan faktor-faktor pembentuk perilaku konsumen oleh Kotler et.al. (2016). Secara
keselutuhan, 202 responden dari Bandung dan Jakarta berpartisipasi dalam penelitian ini. Pendekatan
kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Untuk analisis data, statistik deskriptif dan regresi linier
berganda digunakan. Dari tiga faktor yang mempengaruhi yang diusulkan dalam penelitian ini, dua dari
faktor tersebut didukung sementara satu faktor tidak didukung. Sikap dan norma subyektif terbukti
secara signifikan mempengaruhi niat beli konsumen terhadap department store dengan secara positif.
Temuan ini sejalan dengan model TRA. Perilaku belanja online sebagai variabel yang baru ditambahkan
tidak terbukti untuk mempengaruhi niat membeli konsumen secara signifikan terhadap department store.
Temuan ini mungkin berguna bagi manajemen department store untuk menarik lebih banyak konsumen
di masa depan dengan berfokus pada peningkatan sikap konsumen dan norma subjektif.
Kata kunci: niat beli, department stores, theory of reasoned action (TRA), perilaku konsumen,
konsumen muda