digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Yoga adalah sebuah olahraga yang berasal dari India. Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas yoga terus meningkat di seluruh dunia, terutama di kota-kota besar. Orang-orang selalu mencari cara untuk menenenangkan pikiran dan tubuh mereka, dan yoga menjadi salah satu pilihan termudah untuk didapat. Sebuah studio yoga di Bandung dipilih menjadi objek penelitian ini. Rumah Djuanda adalah sebuah studio kecil di kawasan Setrasari. Studio ini sudah berdiri lebih dari dua tahun, dan akhirakhir ini mengalami penurunan jumlah anggota yang aktif. Oleh karena itu, beberapa faktor dianalisa untuk menginvestigasi loyalitas anggota: kepercayaan terhadap merek, persepsi kualitas, dan kepuasan terhadap merek. Setelah mengumpulkan 118 data kuesioner dari anggota yang terdaftar, ternyata persepsi kualitas mempegaruhi kepercayaan terhadap merek dan kepuasan terhadap merek secara signifikan, dan kepercayaan terhadap merek dan kepuasan terhadap merek mempengaruhi loyalitas terhadap merek. Selain itu, nilai untuk tiap variable cukup memuaskan, yang berarti kepercayaan, persepsi kualitas, dan kepuasan anggota cukup untuk membuat mereka tetap berlatih di Rumah Djuanda. Namun, beberapa kualitas alat dan bentuk servis yang diberikan dapat mempengaruhi anggota untuk berhenti berlatih di studio tersebut. Hasil penelitian ini dapat didiskusikan dengan pihak manajemen Rumah Djuanda, dan sebagai saran untuk penelitian berikutnya dan industri yoga.