Sekarang ini, perkembangan teknologi adalah salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan
sehari-hari. Salah satu dampak dari perkembangan teknologi adalah penggunaan saluran pemasaran
berbasis online oleh bisnis. Dengan demikian, bisnis cenderung menggunakan pemasaran berbasis
online dan mulai meninggalkan saluran tradisional sehingga mereka dapat beradaptasi dengan
perubahan. Banyak program pemerintah juga diadakan untuk mempromosikan bisnis menggunakan
digital untuk bisnis mereka. Meskipun demikian, tidak selalu semua industri bisnis cocok untuk
menerapkan saluran pemasaran berbasis online. Salah satu industri yang menjadi perhatian dalam
penelitian ini adalah industri furnitur, karena pelanggan perlu merasakan pengalaman dengan produk
sebelum mereka memutuskan untuk membeli. Jadi, ada situasi dilema untuk bisnis furnitur untuk
memutuskan saluran pemasaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan multichannel marketing dalam bisnis
furnitur untuk keputusan pembelian pelanggan. Pemasaran multichannel yang dianalisis terdiri dari
saluran tradisional, saluran digital, dan jaringan sosial dan masing-masing terdiri dari beberapa saluran
pemasaran. Studi ini akan dilakukan pada pembeli furnitur dan pembeli dekorasi rumah di Bandung
dan Jakarta dengan usia mulai dari kurang 20 tahun sampai lebih besar dari 49 tahun. Lalu data akan
diolah menggunakan analisis deskriptif dan regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis, saluran
tradisional adalah saluran yang paling disukai untuk memengaruhi keputusan pembelian, lebih spesifik
adalah toko dan event. Untuk saluran pemasaran lainnya dapat digunakan sebagai saluran pemasaran
pendukung untuk membuat pelanggan lebih mudah dalam mencari produk. Untuk saluran yang paling
potensial untuk dikembangkan yang dapat mempengaruhi pembelian pelanggan adalah Instagram
karena Instagram memiliki skor setuju pada beberapa hasil analisis.
Strategi pemasaran yang dapat diimplementasikan untuk bisnis furnitur adalah saluran pemasaran
dalam multichannel marketing dikelompokkan berdasarkan beberapa kategori seperti promosi,
pengalaman produk, dan komunikasi. Dalam kategori promosi ini terdiri dari beberapa saluran untuk
promosi produk seperti Facebook, Instagram, pencarian berbayar dan situs web. Kemudian untuk
kategori yang paling mempengaruhi adalah pengalaman produk, yang di mana pelanggan dapat
merasakan produk sebelum membeli, dan saluran pemasarannya adalah toko dan acara. Yang terakhir
adalah kategori komunikasi dengan email sebagai channel, dalam kategori ini memungkinkan
pelanggan sebelumnya untuk tetap berkomunikasi dengan sebuah bisnis. Oleh karena itu, dianjurkan
untuk bisnis furnitur untuk dapat menerapkan pemasaran multichannel karena memiliki dampak positif
terhadap keputusan pembelian