digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Mengkonsumsi produk makanan sehat merupakan salah satu metode alternatif yang banyak dilakukan oleh orang-orang untuk menjaga kesehatannya, terutama bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dari produk makanan sehat dalam membuat keputusan pembeliannya, terutama di Indonesia. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini didasarkan pada pendekatan kuantitatif untuk mengumpulkan data primer. Kuesioner penelitian ini diadaptasi dan dikembangkan dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini menargetkan orang-orang yang secara rutin mengkonsumsi produk makanan sehat, dan menghasilkan 210 formulir kuesioner yang dianalisis. Program SmartPLS digunakan untuk melakukan pengujian pada penelitian ini, dengan tujuan untuk memastikan data yang valid dan reliabel, dan juga menguji hipotesis penelitian. Variabel uji yang memiliki pengaruh paling tinggi terhadap keputusan pembelian konsumen adalah Purchase Intention. Variabel tersebut juga dipengaruhi secara signifikan oleh 3 variabel lainnya, yaitu Consumer Trust, Consumer Attitude, dan juga Health Consciousness. Peneliti menyimpulkan bahwa Consumer Trust merupakan variabel yang paling signifikan, karena konsumen memiliki ekspektasi terhadap pengaruh dari produk makanan sehat tersebut untuk meningkatkan dan mempertahankan kesehatan mereka. Terakhir, hasil yang didapatkan dari penelitian ini dapat digunakan bagi para pemilik usaha yang bergerak di bidang makanan sehat untuk memajukan bidang usahanya.