digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT Ricky Musi Wijaya (RMW) merupakan salah satu anak perusahaan yang bertanggung jawab sebagai distributor khusus pakaian dari PT Ricky Putra Globalindo Tbk. Perusahaan ini dapat dikategorikan sebagai perusahaan merchandising karena hanya menjual final product dari perusahaan induk. Metode yang digunakan RMW saat ini untuk meramalkan permintaan di masa depan adalah berdasarkan subjektivitas pada penjualan sebelumnya. Hal ini menyebabkan RMW mengalami hutang dagang yang tinggi kepada perusahaan induk. Untuk memelihara keberlanjutan dari perusahaan, hal ini dapat dicegah dengan mengimprovisasi metode peramalan permintaan mereka. Penelitian ini akan dianalisa menggunakan metode time-series yang terdiri dari simple moving average, simple exponential smoothing, holt’s model dan winter’s model. Dikarenakan karakteristik kesalahan yang tidak terdistribusi secara merata, peneliti mengguanakan rata-rata deviasi mutlak (MAD) dan Tracking Signal (TS) akan digunakan untuk mengukur kesalahan dan untuk membandingkan pengukuran performa pada setiap model dan untuk memastikan metode peramalan permintaan tersebut masih layak diaplikasikan. Perhitungan yang dilakukan menyimpulkan bahwa simple moving average merupakan metode terbaik. Untuk memaksimalkan penggunakan metode yang disediakan dalam penelitian ini, direktur dari RMW harus mencatat data historis secara sistematik, mengukur kesalahan peramalan secara tepat, menggunakan metode yang diusulkan pada waktu yang tepat dan berkomitmen untuk mempelajari metode peramalan permintaan yang diusulkan.