digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pemenuhan persyaratan pelanggan menjadi sumber daya saing perusahaan. Mengingat persaingan yang semakin ketat, perusahaan harus mampu memenuhi persyaratan dan secara konsisten meningkatkan kepuasan pelanggan serta pihak-pihak yang berkepentingan. Implementasi sistem manajemen mutu merupakan salah satu cara mencapai tujuan tersebut. PT Siemens Indonesia merupakan anak perusahaan raksasa teknologi dunia dari Jerman yaitu Siemens AG yang bergerak di bidang kelistrikan, elektronika, dan teknologi. Di Indonesia, PT Siemens Indonesia sudah bergerak sejak 150 tahun yang lalu dan didukung oleh fasilitas produksi di Pulomas, Jakarta dan Cilegon, Banten. PT Siemens Indonesia Divisi EM saat ini sedang melakukan proses transisi dari sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 ke ISO 9001: 2015 hingga akhir tahun 2017. Transisi tersebut dilakukan dalam rangka pemenuhan komitmen perusahaan terhadap mutu dan juga permintaan konsumen karena sertifikasi bagi ISO 9001: 2008 akan berakhir pada tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan audit terhadap pemenuhan persyaratan untuk sertifikasi ISO 9001: 2015 dan menghasilkan rancangan yang memenuhi persyaratan standar tersebut. Tahapan penelitian terdiri dari perumusan masalah dan tujuan penelitian, studi literatur, pengumpulan dan pengolahan data, analisis, dan penarikan kesimpulan dan saran. Metode pengumpulan data dilakukan dengan proses wawancara dan mempelajari dokumen perusahaan. Dari penelitian ini dihasilkan usulan perancangan sistem manajemen mutu yang memenuhi persyaratan ISO 9001: 2015 dengan rincian perancangan dokumen berikut: dokumen tentang isu eksternal dan internal, dokumen tentang pihak berkepentingan, prosedur dan dokumen mengenai manajemen risiko dan pengetahuan organisasi.