digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2017 TS PP MEITY ANDINA 1-ABSTRAK.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Emerald Bank telah beroperasi dan menajalankan bisnisnya di Indonesia dengan melayani nasabah korporasi. Mengacu hal tersebut, Emerald Bank diharuskan untuk memperoleh dan memanfaatkan sumber daya yang ada dalam mencapai tujuan bisnisnya. Masalah lain muncul di Emerald Bank dimana perusahaan menghadapi kesulitan yang lebih besar dalam memperoleh sumber daya manusia yang diperlukan untuk memenuhi tujuan dan sasaran perusahaan. Adanya ketidakpuasan karyawan ditandai dengan tidak adanya tanggapan positif terhadap prestasi pegawai. Hal itu bisa mempengaruhi loyalitas, dedikasi dan kejujuran mereka jika tidak ada apresiasi yang tepat dari institusi tersebut. Jadi untuk meningkatkan kinerja karyawan, kepuasan kerja karyawan berperan besar dalam mendukung tanggung jawabnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan karakteristik pekerjaan terhadap kepuasan kerja di Emerald Bank Indonesia. Oleh karena itu, penelitian korelasional dilakukan untuk mengidentifikasi hubungan antara faktor-faktor penting (variabel independen) dan masalah (variabel dependen). Untuk memeriksa hubungan tersebut, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dengan metode kuantitatif memungkinkan analisis statistik yang akan menjamin data yang terkumpul dapat diandalkan dan valid. Oleh karena itu, kuesioner diisi oleh 57 responden sebagai instrumen untuk penelitian ini. Berdasarkan hasil pengamatan, penelitian ini telah merumuskan praktik implementasi pada objek berikut: 1.Perbaikan kepemimpinan; 2.Kepemimpinan yang mengetahui pekerjaan anak buah; 3.Peningkatan karir; 4.Penerimaan fasilitas yang sama; 5.Perbaikan manajemen (hadiah dan penghargaan); 6.Tandem kerja dengan sesama tim dan pertukaran divisi; 7.Promosi staff; 8.Pengaturan ulang tempat meja kerja.