Emerald Bank telah beroperasi dan menajalankan bisnisnya di Indonesia dengan melayani
nasabah korporasi. Mengacu hal tersebut, Emerald Bank diharuskan untuk memperoleh
dan memanfaatkan sumber daya yang ada dalam mencapai tujuan bisnisnya. Masalah lain
muncul di Emerald Bank dimana perusahaan menghadapi kesulitan yang lebih besar
dalam memperoleh sumber daya manusia yang diperlukan untuk memenuhi tujuan dan
sasaran perusahaan. Adanya ketidakpuasan karyawan ditandai dengan tidak adanya
tanggapan positif terhadap prestasi pegawai. Hal itu bisa mempengaruhi loyalitas, dedikasi
dan kejujuran mereka jika tidak ada apresiasi yang tepat dari institusi tersebut. Jadi untuk
meningkatkan kinerja karyawan, kepuasan kerja karyawan berperan besar dalam
mendukung tanggung jawabnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan karakteristik pekerjaan terhadap
kepuasan kerja di Emerald Bank Indonesia. Oleh karena itu, penelitian korelasional
dilakukan untuk mengidentifikasi hubungan antara faktor-faktor penting (variabel
independen) dan masalah (variabel dependen). Untuk memeriksa hubungan tersebut,
teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dengan metode
kuantitatif memungkinkan analisis statistik yang akan menjamin data yang terkumpul
dapat diandalkan dan valid. Oleh karena itu, kuesioner diisi oleh 57 responden sebagai
instrumen untuk penelitian ini.
Berdasarkan hasil pengamatan, penelitian ini telah merumuskan praktik implementasi
pada objek berikut: 1.Perbaikan kepemimpinan; 2.Kepemimpinan yang mengetahui
pekerjaan anak buah; 3.Peningkatan karir; 4.Penerimaan fasilitas yang sama; 5.Perbaikan
manajemen (hadiah dan penghargaan); 6.Tandem kerja dengan sesama tim dan pertukaran
divisi; 7.Promosi staff; 8.Pengaturan ulang tempat meja kerja.