digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Wizhlist adalah perusahaan yang bergerak di industri pariwisata yang dimana menggunakan teknologi internet untuk menghubungkan antara penyedia aktifitas dengan pengguna yang membutuhkan aktifitas. Wizhlist dibangun oleh Bimo Aldonino pada Maret 2016. Perusahaan sudah melakukan analisa mendalam pada pengguna yang membutuhkan aktifitas pada awal bulan maret hingga akhir tahun 2016. Pemilik sudah melakukan penawaran beberapa aktifitas kepada pengguna, tetapi customer merasa masih belum membutuhkan aktifitas tersebut. Pemilik mendapatkan masukan dari beberapa konsumen yang mendorong Bimo untuk mengembangkan strategi baru. Bimo meyakini bahwa perusahaan harus dianalisa dari internal perusahaan dan faktor eksternal untuk membangun strategy yang dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan aktifitas yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh Wizhlist dan mengenali apa saja peluang dan ancaman pada sebuah industry pariwisata, dan kemudian merumuskan rekomendasi strategi bisnis yang efektif. Penelitian ini melakukan implementasi beberapa metode yaitu Corporate Value Chain dan metode VRIO untuk melakukan analisa internal yang menjelaskan kondisi Wizhlist dalam bisnis dan produk. Penelitian ini juga melakukan analisis PEST dan Porter’s Five-Forces untuk menjelaskan kondisi perusahaan dari faktor eksternal yang dapat memberikan pengaruh besar kepada bisnis Wizhlist. Penulis juga melakukan survey terhadap produk baru yang akan diberikan oleh Wizhlist untuk melakukan formulasi strategi produk yang tepat untuk perusahaan berikan. Dalam menciptakan strategi yang tepat untuk perusahaan maka penulis melakukan implementasi strategi berdasarkan The Strategic Diamond dan Business Model Canvas. Industri pariwisata untuk aktifitas di Indonesia masih belum memiliki persaingan, sehingga Wizhlist memiliki peluang besar untuk mengembangkan produk ini. Oleh karena itu Wizhlist harus melakukan eksekusi yang cepat untuk mendapatkan penyedia aktifitas dan pengguna segera diperkenalkan dengan produk ini. Kualitas produk juga berpengaruh bagi pengguna untuk menentukan pilihan aktifitasnya dengan harga yang lebih variatif, produk yang unik, tempat yang baru serta promosi yang atraktif.