Wizhlist adalah perusahaan yang bergerak di industri pariwisata yang dimana menggunakan
teknologi internet untuk menghubungkan antara penyedia aktifitas dengan pengguna yang
membutuhkan aktifitas. Wizhlist dibangun oleh Bimo Aldonino pada Maret 2016.
Perusahaan sudah melakukan analisa mendalam pada pengguna yang membutuhkan aktifitas
pada awal bulan maret hingga akhir tahun 2016. Pemilik sudah melakukan penawaran beberapa
aktifitas kepada pengguna, tetapi customer merasa masih belum membutuhkan aktifitas
tersebut. Pemilik mendapatkan masukan dari beberapa konsumen yang mendorong Bimo untuk
mengembangkan strategi baru. Bimo meyakini bahwa perusahaan harus dianalisa dari internal
perusahaan dan faktor eksternal untuk membangun strategy yang dapat membantu perusahaan
untuk mengembangkan aktifitas yang sesuai.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa kekuatan dan kelemahan yang dimiliki
oleh Wizhlist dan mengenali apa saja peluang dan ancaman pada sebuah industry pariwisata,
dan kemudian merumuskan rekomendasi strategi bisnis yang efektif. Penelitian ini melakukan
implementasi beberapa metode yaitu Corporate Value Chain dan metode VRIO untuk
melakukan analisa internal yang menjelaskan kondisi Wizhlist dalam bisnis dan produk.
Penelitian ini juga melakukan analisis PEST dan Porter’s Five-Forces untuk menjelaskan
kondisi perusahaan dari faktor eksternal yang dapat memberikan pengaruh besar kepada bisnis
Wizhlist. Penulis juga melakukan survey terhadap produk baru yang akan diberikan oleh
Wizhlist untuk melakukan formulasi strategi produk yang tepat untuk perusahaan berikan.
Dalam menciptakan strategi yang tepat untuk perusahaan maka penulis melakukan
implementasi strategi berdasarkan The Strategic Diamond dan Business Model Canvas.
Industri pariwisata untuk aktifitas di Indonesia masih belum memiliki persaingan, sehingga
Wizhlist memiliki peluang besar untuk mengembangkan produk ini. Oleh karena itu Wizhlist
harus melakukan eksekusi yang cepat untuk mendapatkan penyedia aktifitas dan pengguna
segera diperkenalkan dengan produk ini. Kualitas produk juga berpengaruh bagi pengguna
untuk menentukan pilihan aktifitasnya dengan harga yang lebih variatif, produk yang unik,
tempat yang baru serta promosi yang atraktif.