digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Untuk memenuhi keperluan simulasi perancangan aspek crashworthiness dengan menggunakan material dalam negeri, maka dilakukan penelitian analisa karakterisktik material terhadap pembebanan impak, dengan menggunakan material SS400, API-5L, dan S355JR. Material SS400 digunakan untuk struktur kereta api, API5L digunakan sebagai usulan material modul penyerap impact. Sedangkan material S355JR equivalen dengan SM490 sebagai material struktur bogie dan centersill kereta api. Pengujian material dilakukan dengan menggunakan alat Split Hopkinson Pressure Bar, dengan laju regangan 102/s sampai 103/s untuk mengetahui hubungan flow stress material terhadap laju regangan. Dari hasil pengujian dengan Split Hopkinson Pressure Bar didapatkan bahwa Material SS400 mempunyai nilai tegangan luluh dan flow stress paling tinggi bila dibandingkan dengan API5L dan S355JR. Dari hasil pengujian Split Hopkinson Pressure Bar diketahui pula bahwa diantara ketiga material, material SS400 mampu menyerap energi paling tinggi. Selain itu pada penelitian ini diperoleh parameter sifat material berdasarkan model material Simplified Johnson-Cook, dimana untuk material SS400 adalah 478.67396,54 ,10,032 , untuk material API5L adalah 387,94304,87 ,10,035 , dan untuk S355JR adalah 386,70403,75 ,10,033 . Dari Johnson Cook Parameter juga diketahui bahwa material SS400 merupakan material yang paling tidak sensitif terhadap strain rate hardening.