digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Keberadaan e-commerce telah membuat perubahan dalam cara berbelanja di masyarakat. Para pelanggan perlahan-lahan semakin terbiasa untuk berbelanja melalui e-commerce sebagai pengganti toko-toko tradisional. Indonesia sebagai negara dengan penduduk terbesar ke empat di dunia memiliki potensi besar dalam perkembangan bisnis e-commerce. Sejalan dengan kesempatan ini, JD.ID peritel online yang merupakan anak perusahaan dari JD.COM, raksasa ecommerce di China, mulai beroperasi di Indonesia pada tahun 2016. Sebagai pendatang baru di industri ini, JD.ID berusaha untuk menarik perhatian pasar dan bersaing dengan kompetitor yang sudah ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa kondisi di industri saat ini, dan mengusulkan strategi bersaing bagi JD.ID untuk menaikkan daya saing JD.ID dalam industri e-commerce Indonesia. Terdapat tiga pertanyaan yang akan dibahas di dalam studi ini. Pertanyaan pertama adalah bagaimana kondisi industry e-commerce saat ini. Selanjutnya adaah, bagaimana strategi bisnis dari JD.ID saat ini dan pertanyaan terakhir adalah strategi kompetitif JD.ID di industri E-commerce. Menurut analisa eksternal, industri e-commerce di Indonesia merupakan industri yang sangat kompetitif. Selain itu, menurut analisis internal JD.ID menunjukkan bahwa kondisi perusahaan memungkinkan untuk berkembang. Sehubungan dengan situasi perusahaan, terdapat beberapa alternatif solusi bisnis yang diambil dari perpaduan analisa TOWS dan Analisa Five Diamond. Selanjutnya, penulis mengusulkan satu rangkaian dari solusi bisnis yang difokuskan kepada tiga departemen utama perusahaan, pemasaran, merchandising dan logistik serta operasional.