digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Pertumbuhan bisnis akomodasi di Bandung menunjukkan peningkatan yang signifikan setiap tahunnya.Hal ini terjadi mengikuti pertumbuhan kunjungan wisatawan yang meningkat setiap tahunnya.Tujuan kunjungan wisatawan ke Bandung bervariasi, mulai dari berlibur, bisnis, pendidikan dll.Semakin meningkatnya pertumbuhan industri perhotelan di Bandung, menimbulkan kompetisi yang ketat antara pemilik bisnis.Kreatifitas dan strategi yang tidak biasa bermunculan dalam upaya untuk menjangkau pasar. Hotel Trio adalah salah satu hotel tua yang telah beroperasi sejak tahun 1930, yang beralamat di Jalan Gardujati, Bandung. Seiring meningkatnya persaingan, sejak tahun 2009 Hotel Trio kehilangan tamu perorangan sehingga target penjualan pada tahun 2013 tidak tercapai. Hal ini disebabkan kurangnya usaha promosi yang dijalankan oleh Hotel Trio dan juga kurangnya usaha untuk mengikuti tren masyarakat dalam pemanfaatan teknologi. Fokus dari proyek akhir ini adalah untuk menemukan solusi yang dapat membantu Hotel Trio dalam menggapai tamu perorangan dan sekaligus meningkatkan pendapatan penjualan.Analisis internal, analisis merek, analisis eksternal, analisis situasi dan analisis pasar untuk pelanggan perlu dilakukan untuk mendapatkan akar penyebab dari masalah yang dihadapi Hotel Trio. Hasil analisis menunjukkan bahwa akar penyebab masalah adalah kurangnya promosi dan inovasi yang menyebabkan Hotel Trio ditinggalkan oleh para tamu dan brand awareness Hotel Trio kurang disadari oleh konsumen. Beberapa rekomendasi strategi pemasaran diusulkan dalam merespon kondisi ini.Strategy yang dihasilkan adalah memperbaharui positioning dan targeting untuk tamu perorangan sebagai bagian dari kebutuhan primer dari strategi pemasaran.Solusi untuk elemen marketing mix juga diberikan untuk meningkatkan kepuasan para tamu.Renovasi harus dilakukan dalam upaya mengikuti perkembangan zaman dan selera pasar sekaligus untuk menciptakan karakteristik pada Hotel Trio sehingga dapat menikmati kondisi baru dari Hotel Trio. Kata kunci: Bandung, hotel, strategi pemasaran, brand awareness, promosi