digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Manajemen saat ini sedang menghadapi dilema yang sulit karena dari tiga produk yang menjadi sumber pendapatan bagi perusahaan hanya satu yang memberikan profitabilitas yang baik yaitu baja lembaran panas (Hot Rolled Coil atau HRC). Baja lembaran dingin (Cold Rolled Coil atau CRC) adalah salah satu produk yang saat ini berkontribusi kurang menguntungkan bagi perusahaan bahkan cenderung berkontribusi rugi, selain baja batan gkawat. Manajemen selalu khawatir jika volume CRC ditingkatkan maka akan berdampa kpada meningkatnya potensi kerugian, tetapi jika volume terlalu kecil maka akan berakibat naiknya biaya produksi karena kenaikan biaya tetap yang terlalu tinggi. Di sisi lain, Hot Rolled Pickled and Oiled (HRPO) yang juga merupakan output dari Cold Rolling Mill(CRM) selalu memberikan kontribusi positif sehingga penjualannya perlu ditingkatkan untuk menambah potensi laba bagi perusahaan. Peningkatan volume HRPO tentu saja akan mempengaruhi kapasitas produksi CRC karena sebagian kapasitas lini pertama CRM yaitu Continuous Pickling Line (CPL) akan terserapuntukmemproduksi HRPO tersebut. Perlu dilakukan optimasi untuk mendapatkan peluang memberikan keuntungan yang terbaik bagi perusahaan dengan memaksimalkan HRPO namun tidak mengorbankan penjualan CRC karenaaset yang berupa fisik maupun sumberdaya manusia di CRM hanya akan semakin membebani perusahaan jika tidak ada kontribusi pendapatan yang berarti bagi perusahaan. Tujuan utama dari penulis antesi sini adalah bagaimana meningkatkan daya tarik usaha pada produk CRC dengan memperbaiki kinerja biaya produksi dan kinerja kualitas untuk meningkatkan daya saing harga maupun kualitas sehingga bagian penjualan maupn pimpinan perusahaan memiliki keleluasa andalam menerapkan strategi berkompetisi di pasar. Perbaikan utama yang harus dilakukan adalah peningkatan efisiensi dan efektivitas kegiatan produksidengan meningkatkan plant availability, performance rate, quality rate serta penetapan komposisi produk yang tepat sehingga pemanfaatan fasilitas pabrik lebih maksimal dengan memilih jenis produk tertentu serta jumlah yang paling memberikan peluang keuntungan. Produk HRPO yang selama ini sudah memberikan keuntungan bagi perusahaan harus lebih ditingkatkan volume produksi dan penjualannya dengan mengupayakan perbaikan kualitas serta upaya memperluas pasar dengan meningkatkan kemampuan produksi untuk jeni produk yang selama ini belum pernah dibuat. Kata kunci: profitabilitas, Cold Rolled Coil, Hot Rolled Pickled and Oiled, efisiensi, efektivitas, CRM, peningkatan kinerja, daya saing harga, daya saing kualitas, komposisi produk.