Kacang kedelai adalah salah satu makanan pokok untuk sebagian besar penduduk di Indonesia selain beras dan jagung. Kondisi tingginya akan kebutuhan kacang kedelai dan rendahnya kemampuan produksi di Indonesia untuk memenuhinya melalui produksi lokal telah membuat permintaan akan kacang kedelai impor meningkat. Selain itu bergabungnya Indonesia dalam keanggotaan World Trade Organization (WTO) telah membuka banyak kesempatan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis. Salah satunya adalah usaha yang menjual atau menyediakan kacang kedelai impor untuk produksi makanan yang berbahan dasar kedelai.Toko kedelai Hadijanto Trisno adalah usaha turun temurun yang menjual kacang kedelai impor di daerah Jakarta Timur yang berdiri sejak 1963. Ada beberapa isu yang dihadapi Toko Kedelai Hadijanto Trisno, yang paling besar adalah tidak adanya pembagian divisi kerja, kekurangan pekerja dan sarana transportasi pada saat jam sibuk, dan tidak ada sistem data yang mencatat semua aktivitas dan transaksi usaha. Langkah untuk menemukan akar masalah adalah dengan menganalisa kondisi internal dan eksternal perusahaan. Analisa internal akan memeriksa kekuatan dan kelemahan perusahaan, sedangkan analisa ekternal akan memeriksa faktor eksternal yang mempengaruhi perusahaan. Dari hasil analisa, penyebab masalah tersebut adalah tidak adanya strategy usaha dan tidak adanya sistem kerja dalam mengatur setiap area fungsional dalam perusahaan.Solusi untuk menyelesaikan masalah Toko Kedelai Hadijanto Trisno adalah dengan menerapkan manajemen strategi dalam perusahaan. Dimulai dengan menentukan strategi perusahaan berdasarkan bobot nilai internal dan eksternal faktornya, lalu menentukan bisnis strategi untuk mengembangkan perusahaan dan menghadapi persaingan. Kemudian menentukan strategi fungsional dengan menggunakan TOWS Matrix. Strategi fungsional harus diawali dengan mengubah struktur organisasi lalu menentukan penerapan strategi berdasarkan area fungsionalnya.Solusi yang dapat diberikan pada Toko Kedelai Hadijanto Trisno adalah menggunakan strategi pertumbuhan perusahaan dalam meningkatkan usaha, menggunakan strategi bisnis cost focus untuk menghadapi persaingan, dan menerapkan strategi fungsional pada setiap area fungsional untuk meningkatkan efisiensi. Dengan menerapkan manajemen strategi, Toko Kedelai Hadijanto Trisno dapat mengembangkan, mempertahankan usaha dan menghadapi persaingan.