digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT. LAPI ITB adalah sebuah perusahaan konsultansi yang merupakan salah satu Unit Usaha Komersial (UUK) milik Insitut Teknologi Bandung. Latar belakang pendirian PT. LAPI ITB adalah sebagai suatu wahana untuk mencari dana bagi aktifitas ITB dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh ITB. Kompetisi di industri konsultansi sangat ketat, terlebih lagi kondisi sosial dan budaya di Indonesia yang masih beraroma korupsi, kolusi, dan nepotisme adalah merupakan tantangan berat bagi PT. LAPI ITB sebagai sebuah perusahaan milik ITB yang mempunyai reputasi baik di Indonesia serta menjunjung tinggi prinsip-prinsip dan moral akademis. Tantangan-tantangan yang dihadapi sangat kompleks baik dari aspek eksternal maupun aspek internal. Dari hasil evaluasi menggunakan Strategic Factor Analysis Summary, diketahui bahwa PT. LAPI ITB terletak pada kuadran kedua, yang berarti bahwa PT. LAPI ITB mempunyai kelemahan di aspek internalnya, sedangkan kondisi eksternal PT. LAPI ITB menunjukkan tanda-tanda positif yang berarti kondisi industri konsultansi cukup kondusif. Dari hal tersebut diatas, PT. LAPI ITB memerlukan suatu strategi untuk meningkatkan sistem internalnya agar dapat menghadapi tantangan-tantangan dari aspek-aspek internal dan eksternal. PT. LAPI ITB harus mengembangkan strategi internal untuk menjaga hubungan dengan suplier utamanya yaitu para tenaga ahli dari ITB, serta untuk meraih segmen yang prospektif. Lebih dari itu, PT. LAPI ITB harus juga dapat mengembangkan strategi untuk menjaga hubungan baik dengan seluruh stakeholdernya.Strategi yang dimaksudkan diatas kemudian dikonversikan menjadi Integrated Performance Measurement System yang mempunyai tiga perspektif (Keluaran Organisasi, Proses Internal, dan Kemampuan Sumberdaya) serta Key Performance Indicators (KPIs). Konversi tersebut dimaksudkan untuk menciptakan strategi yang komprehensif, dapat diaplikasikan, serta terukur.Untuk memastikan strategi dan pengukuran tersebut sejalandengan visi dan misi PT. LAPI ITB, perlu digunakan metoda implementasi yang sesuai untuk proses bisnis PT. LAPI ITB.