digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dengan adanya krisis global yang masih berlanjut maka diyakini akan menekan harga komoditas dan berdampak pada penurunan permintaan alat berat sekitar 30% dan diproyeksikan penjualan turun sekitar 40%. Dan pada tahun 2009 terjadi kenaikan inflasi sekitar 2,9% sampai dengan 3%. Tekanan inflasi tersebut diperkirakan akan meningkat pada tahun 2010, dimana inflasi akan meningkat berkisar 4% -6% . Pada periode Januari-September tahun 2009 terjadi penurunan penjualan unit pada sektor kehutanan dan konstruksi dibandingkan tahun 2008. Selain itu, terdapat juga penurunan market share pada sektor kehutanan pada tahun 2009 dibandingkan tahun 2008. Salah satu faktor penting yang mempunyai pengaruh terhadap jumlah hasil penjualan adalah faktor harga. Kegiatan penentuan harga sangatlah beperan penting dalam proses kegiatan pemasaran. Keputusan penentuan harga juga dapat mempengaruhi penilaian konsumen terhadap layanan jasa yang berpengaruh terhadap citra perusahaan. Sehingga sangatlah diperlukan penentuan strategi harga yang efektif untuk meningkatkan persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan suatu usulan strategi yang efektif bagi perusahaan United Tractors dalam peningkatan kualitas pelayanan yang berpengaruh terhadap persepsi pelanggan di sektor kehutanan dan konstruksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah IPA (Importance and Performance Analysis) dan prioritas ranking average GAP SERVQUAL score. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor harga merupakan atribut yang paling penting bagi pelanggan di sektor kehutanan dan konstruksi. Bagi persepsi pelanggan tersebut, atribut harga merupakan suatu prioritas utama dalam perbaikan kualitas pelayanan yang mempengaruhi persepsi pelanggan. Teknik yang direkomendasikan dalam penetapan harga yang efektif adalah dengan berdasarkan premium price, reservation price, cost plus pricing dan mark up pricing. Alternatif strategi yang direkomendasikan adalah menerapkan strategi harga yaitu mempertahankan harga jual dengan meningkatkan value market acceptance atau menurunkan harga jual dengan menurunkan COGS.