digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Switch Playstation 3 cafe adalah sebuah usaha kecil yang mengkombinasikan antara konsep game centre dengan konsep cafe. Usia usaha yang masih muda, menjadikan Switch masih kurang dikenal oleh target konsumennya. Hal ini diindikasikan dari tidak tercapainya pendapatan yang ditargetkan oleh manajemen. Untuk mengetahui akar masalah dari sympton yang dialami Switch Playstation 3 cafe maka peneliti melakukan penelitian terhadap kondisi internal perusahaan dan kondisi eksternal dari perusahaan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap konsumen, diketahui adanya gap antara ekspektasi dan perceived quality yang diterima. Hal ini diindikasikan sebagai penyebab rendahnya retensi yang dilakukan konsumen. Kegiatan promosi yang tidak jelas dan tidak terjadwal mengakibatkan adanya perbedaan antara konsumen yang menjadi target awal dari Switch dengan konsumen yang ada saat ini dan mengakibatkan sulitnya Switch untuk mendapatkan konsumen yang baru. Oleh karena itu, langkah awal yang perlu diambil adalah dengan melakukan perbaikan dari segmentation, targeting, dan positioning. Diikuti dengan perbaikan dari marketing mix, yang difokuskan pada perbaikan promotion untuk mendapatkan awareness dari target konsumen dan meningkatkan loyalitas dari existing konsumen. Solusi yang akan diimplementasikan antara lain solusi dari promosi, dan solusi dari perbaikan physical evidence. Jadwal pelaksanaan dan biaya yang dibutuhkan disesuaikan dengan resources yang dimiliki oleh Switch.