digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Konsep kepemilikan pesawat fraksional dimana suatu badan perorangan atau perusahaan tertentu dapat memiliki saham bagian dari sebuah pesawat, merupakan sebuah revolusi baru pada industri perusahaan jasa penerbangan. Untuk sistem ini, pemilik memiliki hak untuk menggunakan jasa penerbangan sesuai kebutuhan. Fractional Management Company (FMC) mengatur semua aspek pengoperasian pesawat, baik pesawat milik perusahaan ataupun pesawat melalui jasa outsourcing sebagai alternatif. Hal ini memberikan pemilik hak untuk menikmati keuntungan menggunakan penerbangan pribadi. Untuk hal tersebut, FMC telah memenuhi persyaratanpersayaratan yang tidak dihadapi oleh penerbangan komersial dan penerbangan sewa. Salah satu tantangan utama yang mempengaruhi keuntungan sebuah FMC adalah jumlah pesawat optimal yang harus tersedia, agar diperoleh biaya operasional minimum harian. Dalam tugas akhir ini, dibuat 3 jenis skenario permintaan dalam 1 minggu yang merepresentasikan operasi penerbangan dari para pemilik fraksional. Permasalahan ini diformulasikan sebagai optimisasi keuntungan untuk menentukan penugasan pesawat optimum yang memenuhi permintaan mingguan dari para pemilik fraksional. Hasil numerik didapatkan dengan penggunaan metode algoritma genetika.