Tema-tema penelitian mengenai keamanan kendaraan akhir-akhir ini semakin berkembang, seiring dengan berkembangnya teknologi otomotif dan meningkatnya arus kepadatan lalu lintas. Salah satu perkembangan teknologi otomotif ini adalah sistem bumper pada mobil Sistem bumper ini, akan menyerap energi tumbukan akibat tabrakan melalui proses deformasi (progressive buckling). Dengan proses deformasi ini, sistem bumper dapat mengurangi kerusakan pada
kompartemen penumpang yang dapat menyebabkan penumpang terluka serta memberikan perlambatan yang berada pada tingkat aman terhadap tubuh penumpang.
Pada Tugas Akhir ini, akan dilakukan analisis tabung berdinding tipis dengan penampang berbentuk lingkaran, struktur yang umum digunakan sebagai batang longitudinal pada bumper mobil, saat menerima beban tumbukan aksial kecepatan rendah. Tujuan pertama dari penelitian ini, untuk mendapatkan modus deformasi dan karakteristik penyerapan energi pada aluminium yang diisi dengan polyurethan foam. Akan tetapi, hal ini tidak effective cost karena aluminium
mahal. Kemudian, dilakukan pemilihan material pengganti. PVC adalah material pengganti yang dipilih berdasarkan studi literatur. PVC dapat digunakan padastruktur yang menerima beban tumbukan arah aksial. Analisa dilakukan secara numerik dengan menggunakan perangkat lunak metode
elemen hingga non-linear, LS-DYNA. Variasi pada model material, ketebalan, koefisien gaya gesek, dan radius tabung lingkaran dibuat pada simulasi. Hasil analisa menunjukkan bahwa model material polymer plasticity cocok untuk simulasi elemen hingga material PVC. Penambahan ketebalan berpengaruh signifikan dalam menaikkan harga mean crushing force jika dibandingkan dengan melakukan perubahan radius tabung yang tidak memiliki efek signifikan. Koefisien gaya gesek juga tidak berpengaruh signifikan terhadap kenaikan mean crushing force.