digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sekolah sebagai suatu organisasi pengetahuan yang intensif dihadapkan pada suatu kondisi dimana kemampuan organisasi untuk memobilisasi, mengaplikasi dan mengembangkan pengetahuan merupakan modal untuk meningkatkan daya saing sekolah tersebut. Sekolah Dasar Pribadi sebagai suatu institusi pendidikan, di dalamnya sarat akan pengetahuan maka diseminasi pengetahuan diantara anggota organisasi adalah hal yang mutlak perlu. Untuk mendukung optimalisasi proses diseminasi pengetahuan diantara anggota organisasi maka diperlukan adanya rasa saling percaya antara individu untuk saling berbagi. Analisa jaring social memberikan gambaran akan efektifitas aliran pengetahuan yang terjadi antara guru-guru Sekolah Dasar Pribadi. Kepercayaan (trust) didefinisikan sebagai keinginan salah satu pihak untuk membuka diri pada pihak lain berdasarkan pada keyakinan bahwa pihak tersebut: kompeten, terbuka, peduli dan dapat diandalkan. Tingkat saling percaya pada level individu merujuk kepada ekspektasi tentang hubungan antar individu dan sifat-sifat individu tersebut.