digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT. X adalah perusahaan yang bergerak di bidang perawatan mesin turbin gas. Angka reject rate dan keterlambatan TAT (Turn Around Time) PT. X masih di bawah standar worldclass company sehingga perlu dilakukan peningkatan kualitas proses perawatan di PT. X. Untuk meningkatkan kualitas perawatan tidak cukup dengan meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang bersifat teknis. Salah satu hal utama yang harus menjadi perhatian adalah budaya organisasi itu sendiri. Hal ini dikarenakan budaya organisasi dapat bersifat resisten terhadap perubahan sehingga tujuan peningkatan kualitas perawatan tidak akan tercapai. Sebelum mengubah budaya, pertama-tama budaya saat ini harus diidentifikasi. Dalam tugas akhir ini akan dilakukan identifikasi budaya organisasi di PT. X menggunakan metode Web of Cultural Change. Input data untuk pembuatan diagram tersebut diambil dari hasil skor kuesioner. Web of cultural change dari PT. X ini akan dibandingkan dengan web diagram dari perusahaan pembanding untuk menemukan elemen-elemen budaya organisasi yang memerlukan perbaikan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa budaya organisasi PT. X masuk dalam kategori baik. Hal yang memerlukan perbaikan adalah hubungan manajemen dengan anggota infrastruktur budaya dan masih adanya pola dan prosedur kerja lama. Saran yang dapat diberikan untuk perbaikan budaya organisasi adalah tingkatkan hubungan positif antara manajemen dan anggota infrastruktur budaya dan pastikan pola dan prosedur kerja lama sudah dihilangkan dari proses kerja baru.